Mari Kita Ketahui Apa Saja Pengetahuan Kopi Untuk Pemula

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai mari kita ketahui apa saja pengetahuan kopi untuk pemula.

Kopi

Kopi Di Mata Milenial

kopi sarang walet
pixabay.com

Baca Juga : Ada Berbagai Cara Kementan Menghadapi Masa Pandemi Covid-19

Kopi merupakan bagian tak terpisahkan dari gaya hidup masa kini. Kedai-kedai yang menawarkan beraneka jenis minuman kopi semakin menjamur dan ramai dipenuhi pengunjung.

Kopi kini makin banyak dikonsumsi oleh generasi millennial. Karenanya harga dan permintaannya makin meningkat.

Rentang usia generasi millennial adalah sekitar 19 hingga 34 tahun. Hal ini telah menyebabkan lonjakan permintaan kopi sekitar 44 persen di Amerika Serikat dan membuat kopi masuk dalam lima bahan baku pada Commodity Index Bloomberg.

Kecenderungan konsumsi kopi ini terjadi pada anak muda kelahiran setelah tahun 1995 atau yang berusia sekitar 14 tahun.Chung Yang, seorang profesor terkemuka dan John L.

Colaizzi selaku ahli farmasi mengatakan bahwa generasi millennial yang mengonsumsi kopi lebih banyak daripada generasi lain menikmati minuman ini untuk menjalankan kehidupan mereka yang sibuk.

Pengetahuan Kopi Untuk Pemula

kopi
pixabay.com

Baca Juga : Apa Tujuan Utama Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) Padi

Seiring dengan perkembangannya, banyak dari pemula yang belum tahu beberapa hal tentang kopi yang mereka nikmati.

Dan untuk itu artikel ini dipersembahkan dengan senang hati untuk mereka agar tak lagi keliru soal fakta tentang kopi.

Arabika VS Robusta

Arabika dan robusta adalah dua jenis kopi yang berbeda. Arabika memiliki kadar kafein lebih rendah dari robusta. Arabika adalah jenis kopi yang paling banyak di konsumsi di dunia.

Robusta harganya lebih murah dari arabika, meski rasanya lebih pahit. Kopi yang sering dijual di pasar umumnya adalah robusta, bisa jadi karena harganya lebih ekonomis.

Kopi Tak Melulu Hitam dan Pahit

Di mindset kebanyakan masyarakat Indonesia kopi haruslah hitam dan pahit. Padahal seharusnya tidak begitu. Robusta yang disangrai dengan gelap tentulah memberi pahit yang luar biasa dahsyat.

Kehitaman dan kepahitan tingkat kopi berasal dari proses penyangraiannya (roasting). Semakin lama biji kopi disangrai maka akan semakin pahit dan hitamlah kopi tersebut.

Ada tiga tingkat proses penyangraian yaitu light, medium dan dark. Sebaiknya kopi tidak disangrai terlalu dark karena akan menghilangkan karakteristik biji kopi tersebut.


Itulah informasi mengenai mari kita ketahui apa saja pengetahuan kopi untuk pemula Semoga Informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!.

Baca Juga : Beberapa Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Sumber : Kompas.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.