tanam jagung

Ingin mencoba tanam jagung dengan metode tanpa olah tanah TOT? yuk, jadiin artikel ini sebagai panduan kamu, PTD akan membagikan cara tanamnya.

Salah satu tanaman yang sering dibudidayakan adalah tanam jagung. Ada berbagai metode yang bisa digunakan untuk membudidayakan jagung, salah satunya adalah metode tanpa olah tanah atau TOT.

Cara ini tidak memerlukan persiapan lahan yang terlalu ribet seperti menggemburkan tanah dan lainnya.

Cara yang dilakukan dengan metode ini, yaitu hanya perlu membuat lubang dengan tugal untuk menanam benih jagung. Namun, metode ini hanya bisa dilakukan di tanah yang sesuai dan gembur, seperti lahan bekas padi.

Tanam Jagung dengan Metode Tanpa Olah Tanah

Berikut ini merupakan cara yang dilakukan untuk menanam jagung tanpa olah tanah, diantaranya sebagai berikut:

Baca Juga: Cara Pembuatan Susu Jagung Sebagai Peluang Usaha

Penyiapan Lahan Tanam

Sebelum melakukan penanaman, Anda harus menemukan lahan tanam jagung terlebih dahulu. Setelah itu, siapkan lahan dengan membersihkan lahan.

Anda bisa membersihkan jerami padi sisa panen dengan mencacahnya. Setelah itu, taburkan di atas permukaan tanah sebagai mulsa yang menutupi tanah. Anda bisa menyiapkan drainase untuk membuang air yang berlebih, dengan bentuk garis lurus dan luas jarak 2 meter.

Jangan lupa untuk membersihkan gulma agar tidak mengganggu pertumbuhan jagung. Anda bisa menggunakan semprotan herbisida untuk membersikan lahan dari gulma. Agar lahan semakin subur, Anda bisa memberikan pupuk organik disekitar lubang lahan tanam jagung.

Berikan tanaman jagung pupuk organik dengan dosis 1,5-2 ton per hektar. Lakukan juga pengapuran dengan dosis 300-400 kg per hektar.

tanam jagung metode tot
mitalom.com

Melakukan Penanaman

Carilah benih yang unggul untuk melakukan tanam jagung, Anda bisa merendam benih jagung terlebih dahulu menggunakan insektisida. Hal tersebut guna melindungi benih dari berbagai penyakit.

Anda juga harus memperhatikan jarak tanam jagung, yaitu dengan baris 20 cm dan jarak antar barisnya sekitar 70-75 cm. Jika Anda membuat bedengan selebar 2 meter, maka Anda bisa membuat 3 baris lahan tanam dalam satu bedeng.

Menanam benih jagung bisa Anda lakukan setelah seminggu pemupukan dan pengapuran diberikan. Masukan dua benih jagung di setiap satu lubang tanam yang kedalamannya 3-5 cm. Setelah itu, tutup kembali dengan tanah, namun tidak dipadatkan.

Jangan lupa untuk menyiapkan tempat penyemaian, agar tanam jagung yang gagal bisa disulam. Usahakan untuk menyulam tanaman yang seumur.

Untuk menjaga kesuburan tanah, lakukan pemupukan tanah sebanyak 2 atau 3 kali. Berilah pupuk yang mengandung unsur N, P, dan K. Lakukan pemupukan pada hari ke 10 dan 35 setelah melakukan tanam jagung.

Baca Juga: 5 Langkah Budidaya Jagung Hibrida Agar Cepat Panen

Lakukan Pengairan

Terdapat 5 fase yang memerlukan pengairan agar penanaman jagung berhasil maksimal. Diantaranya yaitu, fase awal pertumbuhan, pertumbuhan vegetatif, pembungaan, pengisian biji, dan pematangan.

Lakukan Pengairan tanaman jagung dengan sistem penggenangan, sehingga bagian yang terkena air hanya pada drainase saja. Biarkan air masuk kedalam tanah bedengan, lalu keluarkan melalui saluran drainase.

Metode-Tanpa-Olah-Tanah-TOT
kabartani.com

Masa Pemanenan

Hasil jagung yang dipanen dapat dilihat berdasarkan daun klobotnya yang kering dan berwarna kekuningan. Anda bisa melakukan pengeringan jagung dengan cara menjemurnya di ladang.

Namun ketika musim hujan kerusakan panen bisa terjadi, karena jagung yang basah sangat rentan terkena jamur. Jamur tersebut yang merusak tanam jagung hingga lebih 50%.


Itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan ketika ingin tanam jagung dengan metode tanpa olah tanah atau TOT. Jangan lupa untuk merawat tanaman jagung dengan baik agar hasilnya maksimal.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Jagung Pelangi yang Baik Untuk Kesehatan dari Cinajur

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://alamtani.com/cara-menanam-jagung/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.