petani

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai kondisi pertanian di Indonesia.

Pertanian Indonesia

Kondisi Pertanian

petani
pixabay.com

Baca juga: Pentingnya Peran Petani di Dalam Perekonomian

Keragaman hayati pada sektor pertania, perikanan dan peternakan yang dimiliki oleh Indonesia mejadi potensi sumber daya alam yang disegani oleh dunia.

Dikenal sebagai negara agraris dan maritim akan kekayaan sumber daya alam ditambah lagi kondisi geografis yang strategis dan beriklim tropis tidak kalah unggul dibandingkan dengan negara lainnya.

Potensi ini harus bisa termanfaatkan secara optimal untuk menjadikan Indonesia maju, terutama dari sektor yang dekat dengan sumber daya alam, yaitu pertanian.

Sektor pertanian saat ini mejadi garda terdepan disaat masa krisis ekonomi.

Sektor pertanian yang menghasilkan bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pertanian juga sedang menjadi prioritas untuk ditingkatkan produktivitasnya.

Saat ini sektor pertanian dari sisi produksi merupakan sektor kedua paling berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, setelah industri pengolahan.

Kondisi ini tak lepas dari road map pertanian yang sudah disusun pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia tahun 2045.

Hingga saat ini pemerintah masih berusaha untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian terkhusus pada tanaman pangan.

Hal ini dilakukan untuk mendukung swasembada pangan berkelanjutan yang dilakukan melalui peningkatan produksi beras nasional.

Dikarenakan peningkatan jumlah penduduk setiap tahunnya maka sektor pertanian dituntut untuk terus lebih produktif dalam mencukupi kebutuhan pangan.

Pertanian Indonesia saat ini bisa dikatakan terus mengalami perkembangan. Namun jika dilihat lebih dalam, tetap beberapa permasalahan yang terus menghambat, salah satunya adalah penurunan tenaga kerja pertanian.

Apakah Pertanian Indonesia Bisa Maju?

petani
pixabay.com

Baca juga: Gerakan Diversifikasi Pangan Untuk Menjaga Ketahanan Pangan

Pertanian Indonesia pastinya bisa menjadi maju, dengan potensi yang dimiliki dan upaya serta strategi yang terus dibangun oleh pemerintah, pertanian Indonesia akan maju.

Namun, tentunya dengan saling bekerjasamanya secara kontinyu semua aspek yang berhubungan, mulai dari petani sampai dengan pembuat kebijakan itu sendiri.

Selain itu, dengan melihat prestasi sektor pertanian tahun ini dalam suksesnya swasembada beras menunjukkan perkembangan pertanian yang maju.

Usaha untuk memajukan pertanian Indonesia terus dilakukan untuk menghadapi permasalahan yang menghambat.

Sektor pertanian memiliki lima persoalan yaitu penyusutan lahan, kepemilikan lahan petani yang rata-rata hanya 0,2 hektar

Dan kondisi tanah yang sudah rusak, aspek permodalan, lemahnya manajemen petani, minimnya penguasaan teknologi dan inovasi dan terakhir adalah penanganan pasca panen.

Namun semua tantangan tersebut bukan berarti menjadi justifikasi berkurangnya produksi. Dengan inovasi dan teknologi kita harus mampu melipatgandakan produksi pangan dan pertanian nasional.

Produktivitas pertanian nasional penting ditingkatkan untuk menjaga ketahanan dan kemandirian pangan, sehingga kita memiliki kedaulatan pangan yang kuat dan tidak perlu lagi mengimpor.

Bahkan sebaliknya mampu menjadi pengekspor guna menambah devisa negara dari hasil produk pertanian.


Itulah informasi mengenai kondisi pertanian yang dipastikan bisa lebih maju. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Dampak Resesi Ekonomi Bagi Para Petani

Sumber: Pioneer

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.