kerjasama

Bulog mendapatkan suntikan dana dari bank BJB. Mau tau informasinya? Berikut Pak Tani Digital akan memberikan infonya. Berikut ulasannya!

Kerjasama Bulog dan Bank BJB

Kerjasama Apa Antara Kedua Pihak?

kerjasama
ayobandung.com

Kerja sama yang terjalin yaitu fasilitas Kredit Modal Kerja senilai Rp 1 triliun Bank BJB yang menyepakati sejumlah kerja sama dengan Perum Bulog.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini berlangsung di Ruang Papandayan, Gedung Sate, Bandung. Hadir dalam MoU ini Dirut BJB Yuddy Renaldi, Direktur Konsumer dan Ritel Suartini, Direktur Kepatuhan Agus Mulyana, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Nia Kania, Direktur IT, Treasury dan International Banking Rio Lanasier dan Direktur Operasional Tedi Setiawan.

Sementara dari Perum Bulog Direktur Utama Budi Waseso, Direktur Keuangan Triyana, Direktur SDM dan Umum Bagya Mulyanto dan Direktur Pengadaan Bachtiar.

Baca juga: Dongkrak Ekspor Pangan, Mendag dan Mentan Susun Strategi Baru

Apa Itu Kredit Modal Kerja ?

Kredit modal kerja adalah fasilitas kredit jangka pendek yang diberikan dalam mata uang rupiah maupun valuta asing untuk membiayai kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dengan jangka waktu maksimal 1 (satu) tahun.

Kredit Modal Kerja merupakan kredit untuk perorangan atau badan usaha lainnya sebagai tambahan permodalan untuk pengembangan usaha yang telah berjalan dan minimal 1 tahun

Memiliki perijinan usaha (SIUP, TDP, SITU, NPWP). Sesuai dengan namanya, tentu kredit yang diberikan ini bertujuan sebagai modal.

Kredit modal kerja memiliki fokus utama untuk mendukung kemajuan usaha nasabah pengusaha kecil dan menengah untuk terus mengembangkan bisnis mereka melalui berbagai Kredit Modal Kerja yang disediakan.  Kredit modal kerja ini tentu saja menguntungkan kedua belah pihak.

Penandatanganan Kerjasama

kerasama
infofakta.com

Terdapat lima paket kerja sama yang disepakati, di antaranya fasilitas Kredit Modal Kerja sebesar Rp 1 triliun, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada Rumah Pangan Kita (RPK).

Pemberian kepada produsen gabah/beras mitra Program On Farm, penyaluran fasilitas dan bantuan pembayaran kolektif angsuran bjb Kredit Guna Bhakti bagi pegawai Perum Bulog.

Baca juga: Ekspor Bahan Pangan Segar Sudah Mencapai 29 Negara

Pihak bank BJB akan berperan membiayai produk hasil panen yang dibeli Bulog dari petani. Kerja sama ini terbilang menguntungkan lantaran mendatangkan potensi penerimaan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan fee based income.

Seiring berjalannya waktu kegiatan yang dijalankan Perum Bulog akan layanan perbankan atas kegiatan yang dijalankan Perum Bulog akan meningkat terutama untuk mengongkosi aktivitas bisnis, kesejahteraan pegawai dan akselerasi usaha Perum Bulog.

Kerjasama ini bertujuan untuk menandai haridrnya babak baru sinergi kemitraan yang terjalin kedua pihak untuk bergerak satu langkah maju mempererat sinergi dan mewujudkan semangat berkembang bersama. Dengan tugas masing-masing yaitu

Dengan adanya kerja sama ini, akan berpengaruh terhadap berdampak pada perekonomian di Jabar khususnya masyarakat yang bekerja sama dengan Bulog.

Karena selama ini Jabar menjadi salah satu daerah penghasil beras dalam volume besar karena masih banyak lahan garapan petani lokal. Melalui kerja sama ini, maka petani padi bisa berpenghasilan lebih ketika dibeli Bulog.


Itulah informasi mengenai kerjasama bulog dan bank bjb. Semoga informasinta bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Beras Turun Mutu Dilelang untuk Etanol

Sumber: detik.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.