Beras Turun Mutu Dilelang untuk Etanol

Mau tau informasi mengenai lelang besar turun  mutu? Berikut informasi mengenai hal tersebut. Berikut ulasannya!

Beras Turun Mutu Dilelang

Apa Itu Perum Bulog?

beras turun mutu
beritadaerah.co.id

Baca juga: Info Harga Pangan 19 Desember 2019

BULOG adalah perusahaan umum milik negara yang bergerak di bidang logistik pangan. Ruang lingkup bisnis perusahaan meliputi usaha logistik/pergudangan, survei dan pemberantasan hama, penyediaan karung plastik, usaha angkutan, perdagangan komoditi pangan dan usaha eceran.

Sebagai perusahaan yang tetap mengemban tugas publik dari pemerintah, BULOG tetap melakukan kegiatan menjaga Harga Dasar Pembelian untuk gabah, stabilisasi harga khususnya harga pokok, menyalurkan beras untuk orang miskin (Raskin) dan pengelolaan stok pangan.

Pelelangan Beras Turun Mutu

beras turun mutu
katadata.com

Perum Bulog bakal melelang 20 ribu ton beras turun mutu atau disposal untuk etanol dalam satu paket lelang untuk kebutuhan industri etanol. Pendaftaran lelang telah dilakukan pada 16-18 Desember lalu.

Harga dasar keseluruhan beras tersebut mencapai Rp 23,75 miliar. Ini artinya, harga dasar beras yang dilelang per kilogram sebesar Rp 1.165.

Baca juga: Fakta tentang Padi (Beras) di Indonesia

Sementara, nilai jaminan penawaran ditetapkan Rp 237,57 juta. Peserta lelang diwajibkan untuk menyerahkan jaminan penawaran dalam bentuk deposito atau bank garansi dengan nilai tersebut.

Dalam pelelangan ada 10 perusahaan yang berminat mengikuti lelang beras disposal. Namun, hanya ada 5 perusahaan yang lulus administrasi, tetapi 5 perusahaan ini tidak disebutkan namanya.

Mekanisme disposal stock  ini dilakukan sebagaimana Peraturan Menteri Pertanian (Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Cadangan Beras Pemerintah atau CBP.

Aturan itu menjelaskan, CBP dapat dibuang bila waktu simpan telah melebihi empat bulan dengan mutu yang mulai menurun.

Beras disposal tersebut telah melalui proses pemeriksaan laboratorium yang direkomendasikan Badan Ketahanan Pangan Kementan dan Badan Pengawas Obat dan Makananan atau BPOM.

Bulog membeli beras tersebut dari petani dengan rata-rata harga pembelian Rp 8 ribu per kilogram. Dengan demikian, nilai stok beras yang berpotensi dibuang Bulog tersebut diperkirakan mencapai Rp 160 miliar.

Nantinya, selisih harga penjualan beras dan harga saat Bulog membeli beras tersebut akan digantikan oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN.


Itulah informasi mengenai pelelangan mengenai beras yang turun mutu. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat sobat PTD!

Baca juga: Mengenal Alat Ukur Derajat Sosoh Beras untuk Mengetahui Kualitas Beras

Sumber: katadata,com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.