Heran Akan Cangkul Impor, Presiden : Kebangetan Banget!

Presiden Indonesia, Joko Widodo heran akan terjadinya impor barang-barang yang notabenenya sederhana untuk pertanian seperti cangkul dan pacul. Dalam pidatonya, presiden menyindir keuntungan yang diraup oleh negara pengekspor atas impor yang dilakukan oleh Indonesia.

“Enak banget itu negara yang di mana barang itu kita impor. Kita ini masih defisit transaksi berjalan, defisit neraca perdagangan, masih impor. Impor itu enak karena harganya lebih murah,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyoroti bahwa pengadaan barang impor tersebut ada ratusan ribu unit yang diperlukan. Ia juga menyayangkan kegiatan impor tersebut di kala Indonesia masih mengalami defisit.

“Puluhan ribu-ratusan ribu cangkul yang dibutuhkan masih impor. Apakah negara kita yang sebesar ini industrinya yang sudah berkembang, benar cangkul harus impor Enak banget itu negara yang barangnya kita impor,” tutur Jokowi dalam Peresmian Pembukaan Rakornas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2019 di JCC, Rabu (6/11).

Mempertanyakan Cangkul Impor Tidak Tanpa Alasan

Lontaran keheranan Jokowi atas impor barang seperti cangkul dan pacul tidak tanpa sebab. Sebab RI masih mencatat bahwa transanksi masih mengalami defisit hingga US$8,4 Milyar di kuartal II 2019 atau sebesar 3% dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB). Data tersebut diambil dari Bank Indonesia.

Pembengkakan defisit ternyata mengalami kenaikan sebesar 21% dibanding yang terjadi pada kuartal I 2019 sebesar US$6,97.

Baca Juga : Pemberian Insentif Lahan Pertanian Oleh Pemerintah, Bagaimana Bisa?

Presiden juga mengeluhkan bahwa defisit yang terjadi di Indonesia masih juga dibebani dengan impor.

“Padahal kita defisit neraca perdagangan. CAD kita masih defisit. Kok kita masih hobi impor, ya kebangetan banget. Uang pemerintah lagi. Kebangetan banget,” ujar Jokowi.

Sorotan presiden akan pengadaan cangkul impor ini membuat presiden meminta agar pengadaan barang impor langsung dicoret. Sebab negara masih defisit dan pemerintah yang menanggung utang.

Cangkul Impor
Ilustrasi : Jokowi heran mengapa Indonesia bisa sampai mengadakan impor untuk peralatan cangkul hingga pacul untuk pertanian.

 

Nah itu dia sedikit ulasan mengenai artikel ini, bagaimana menurut kamu sobat PTD?

Baca Juga : Upaya Pemerintah Mendukung Pertanian di Indonesia

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.