budidaya bunga panca warna

Yuk, buat semakin indah pekarangan rumah kamu dengan budidaya bunga panca warna, dan jadiin artikel ini sebagai panduan kamu.

Apakah Anda penggemar bunga panca warna? Bunga yang satu ini memang menghadirkan keindahan yang sangat menyejukkan mata karena memiliki warna bunga yang sangat beragam.

Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana untuk menambah koleksi tanaman hias, bunga yang satu ini bisa menjadi pilihannya. Bunga dengan nama ilmiah Hydrangea macrophylla ini juga sering disebut dengan nama bunga hortensia.

Disebut sebagai bunga panca warna, karena dalam satu tanamannya terdapat berbagai variasi warna mahkota mulai dari biru, merah, ungu, merah jambu, putih, dan juga hijau.

Langkah Mudah Budidaya Bunga Panca Warna

Bagi Anda yang tertarik untuk membudidayakan bunga indah nan cantik yang satu ini, ini dia beberapa langkah yang harus dilakukan.

Baca Juga: Ini Dia Cara Mudah Menanam Bunga Camelia di Rumah

Pemilihan dan Persiapan Bibit Bunga

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika akan melakukan pembudidayaan bunga indah ann cantik ini adalah mempersiapkan bibit berkualitas dan juga layak tanam.

Selain membelinya di toko pertanian, Anda juga bisa mempersiapkan bibit sendiri dengan membuat stek dari tanaman dewasa.

Untuk memilih bibit berkualitas, ini dia beberapa kriterianya:

  1. Pilih induk yang akan dijadikan bibit. Ciri-ciri indukan yang bagus antara lain memiliki kualitas yang baik dengan warna daun dan bunga yang segar.
  2. Cari tanaman indukan yang memiliki tunas tanpa bunga dengan jumlah daun 2-3 lembar,
  3. Pilih stek yang berasal dari batang yang dekat dengan dasar tanaman. Hal ini dikarenakan bagian tersebut memiliki banyak akar sehingga akan lebih mudah untuk tumbuh nantinya.
  4. Pilih batang stek dengan panjang sekitar 13 cm-15 cm.
  5. Untuk menjaga kualitas bibit, sebaiknya lakukan pemilihan bibit saat pagi hari ketika matahari belum terlalu terik.

Setelah bibit stek yang akan digunakan telah didapatkan, maka Anda sudah bisa melakukan persiapan bibit. Langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain

  1. Potong batang stek yang sudah dipilih 5 cm dari bagian bawah dedaunan yang ada pada bagian batang atau dari tanaman yang terlihat membengkok.
  2. Buang kelebihan daun pada batang dengan cara memotong daun yang ada pada bagian bawah dan juga paling atas.
  3. Celupkan bagian dasar batang yang telah dipotong kedalam hormon pengakaran. Hal ini penting untuk memicu pertumbuhan akar pada bibit stek nantinya.
bunga panca warna
pixabay.com

Baca Juga: Tanam Bunga Lavender di dalam Pot? Terapkan 5 Tips Ini

Persiapan Media Tanam

Secara umum, ada dua jenis media tanam yang bisa digunakan untuk menanam bunga panca warna antara lain tanah gambu dan juga pasir.

Agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman dapat berlangsung dengan maksimal, ini dia beberapa tahap persiapan media tanam yang harus dilakukan:

  1. Siapkan wadah penanaman berupa pot. Penanaman di wadah sangat penting dilakukan agar pembentukan akar pada abibit bunga panca warna dapat berlangsung maksimal.
  2. Masukkan media tanam berupa tanah gambut dan juga pasir dengan perbandingan 1:1 sebanyak ½ bagian pot. Selain itu Anda juga bisa menambahkan kompos sehingga tanah menjadi lebih subur.
  3. Masukkan setengah bagiannya pot yang belum diisi dengan tanah hingga pot penuh.
  4. Siram pot yang sudah diisi dengan mesia dengan menggunakan sprayer. Hal ini bertujuan untuk menjaga media tanam agar tetap lembab.
  5. Jika sudah disiram, maka Anda bisa menancapkan bibit stek yang sudah disiapkan kedalam pot sedalam 5 cm.
  6. Biarkan bibit stek selama 2-3 minggu hingga muncul perakaran pada batang stek.
  7. Jika sudah muncul perakaran, Anda bisa memindahkannya ke pot yang lebih besar.
panca warna
pixabay.com

Perawatan dan Pemeliharaan Bunga

Setelah bibit dipindahkan ke pot yang lebih besar, maka Anda hanya perlu melakukan perawatan secara rutin. Walaupun begitu teknik perawatannya juga perlu diperhatikan agar tanaman dapat menghasilkan bunga yang indah.

Beberapa langkah perawatan bunga panca warna yang harus dilakukan antara lain:

  1. Karena bunga panca warna termasuk kedalam tanaman yang menyukai sinar matahari, maka letakan pot dibawah sinar matahari penuh saat pagi hari dan pindahkan ke tempat yang lebih teduh saat sore hari.
  2. Jaga agar media tanam selalu lembab. Anda bisa menyiram media dengan sprayer secara rutin. Jangan siram tanaman terlalu banyak hingga air menggenang karena akan memicu pembusukan pada akar.

Untuk proses penyiraman, Anda cukup melakukannya sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

  1. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman, lakukan pemupukan secara rutin sebanyak 2 minggu sekali. Namun jangan memberikan pupuk terlalu banyak karena perkembangan bunga akan kurang maksimal.
  2. Pangkas tanaman secara rutin agar proses regenerasi bisa berlangsung lebih cepat sehingga tanaman dapat tumbuh dengan sehat.
  3. Cek kondisi tanaman setiap 2 hari sekali untuk memastika tanaman terbebas dari hama penyakit.

Jika ditemukan serangan hama dan penyakit, Anda bisa membasminya dengan memberikan semprotan insektisida secukupnya.

Memiliki bunga panca warna yang sangat cantik di halaman rumah tentu bisa menambah kesan segar. Oleh karena itu, jika proses budidaya dilakukan dengan tepat dan sesuai, Anda tentu bisa menikmati keindahan bunga yang cantik nan indah ini setiap hari.


Nah, itu tadi cara budidaya bunga panca warna yang dapat kamu coba dirumah. Semoga informasi tadi dapat menambah wawasan bagi Anda. Selamat berkebun.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Mudah Budidaya Bunga Melati Jepang dengan 5 Langkah Ini

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://bibitbunga.com/cara-menanam-bunga-hydrangea/
  • http://ilmubudidaya.com/cara-menanam-bunga-panca-warna/

Sumber gambar utama: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.