budidaya bunga melati jepang

Tertarik untuk melakukan budidaya bunga melati jepang dirumah? yuk, lihat langkah-langkahnya di artikel kali ini.

Bunga melati jepang adalah salah satu tanaman bunga hias yang sering dibudidayakan oleh banyak orang.

Ciri-ciri bunga melati jepang ini hampir sama dengan jenis bunga melati umumnya yang mempunyai bentuk indah serta aroma wangi, tetapi melati jepang lebih elegan.

Pasalnya, peminat bunga ini cukup banyak, sehingga banyak pembudidaya bunga menjadikan hal ini sebagai peluang usaha. Tanaman bunga melati jepang bisa tumbuh dan berkembang di manapun, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Namun, untuk menanam bunga diperlukan keadaan tanah (tidak tergenang air) serta perawatan yang baik. Bahkan, Anda bisa menanam bunga ini dengan mudah dalam pot.

5 Langkah Budidaya Bunga Melati Jepang

Terdapat bunga melati jepang putih dan merah yang bisa ditanam, untuk menanamnya bukanlah hal yang sulit. Berikut ini merupakan 5 langkah mudah budidaya bunga melati jepang yang perlu Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut:

Baca Juga: Ini Dia Cara Mudah Menanam Bunga Camelia di Rumah

Pemilihan Bibit Bunga Melati Jepang

Sebelum menanam, Anda perlu memilih bibit bunga melati jepang yang baik dan berkualitas. Karena bibit bunga tersebut akan mempengaruhi proses dan hasil pertumbuhan tanaman.

Anda bisa membeli bibit bunga melati jepang di toko tanaman hias. Bibit bunga yang baik didapat dari perbanyakan tanaman dengan cara stek, warna hijau daun sangat cerah, bibit memiliki tinggi sekitar 10-15 cm, serta semua tanaman sehat dan tumbuh normal.

Biasanya toko tanaman akan menyediakan bibit dalam polybag, sehingga Anda perlu memilih polybag yang jauh dari serangan hama atau penyakit.

Simpan bibit dalam tempat yang teduh, Anda perlu mendiamkan bibit beradaptasi dengan suasana yang baru. Lakukan penyiraman serta pemeliharaan pada bibit, hingga bibit bunga siap ditanam lebih lanjut.

bunga melati jepang
bunga-jasmine.blogspot.com

Media Tanam Bunga Melati Jepang

Anda perlu menyiapkan media tanam yang sesuai dengan syarat tumbuh bunga melati jepang. Media tanam yang digunakan yaitu campuran tanah dengan kompos serta pasir sebanding 1:1:1 secara merata.

Masukkan dan padatkan media tanam tersebut ke dalam pot lalu beri air secukupnya. Apabila media tanam menyusut ketika diberi air, maka penuhi dengan menambahkan medianya kembali.

Setelah itu biarkan pot dalam waktu 3-4 hari, barulah Anda bisa melakukan proses penanaman.

Baca Juga: Mengenal Bunga Kantil dan Cara Penanamannya

Tahap Penanaman Melati Jepang

Setelah menyiapkan bibit bunga dan media tanamnya, Anda bisa langsung melakukan penanaman bunga. Buat lubang tanam pada pot sesuai dengan besar polybag bibit bunga.

Agar akar tanaman tidak rusak, Anda bisa menanam bibit tanpa melepas plastik polybagnya. Jadi, ketika bibit tersebut tumbuh besar, maka plastik polybag tersebut akan hancur sendirinya.

Tanam bibit bunga dengan hati-hati, setelah itu padatkan tanah pada area perakaran. Letakkan pot di luar ruangan yang terkena cahaya matahari. Sebab, bunga melati jepang membutuhkan cahaya matahari untuk melakukan proses fotosintesis.

bunga melati jepang
faunadanflora.com

Perawatan Bunga Melati Jepang

Agar bunga dapat tumbuh indah secara optimal, Anda perlu melakukan perawatan dengan baik. Cara merawat bunga melati jepang pun cukup mudah, yakni dengan melakukan penyiraman, pemupukan, serta pemangkasan.

Penyiraman tanaman harus dilakukan secara rutin, yakni dua kali sehari di waktu pagi serta sore hari. Lakukan penyiraman secukupnya agar tanaman tidak membusuk akibat air tergenang.

Agar kebutuhan nutrisi tanaman dapat tercukupi, Anda perlu memberi pupuk NPK secara teratur, yakni 3 minggu sekali. Anda juga dapat memberi pupuk tambahan berupa pupuk organik (pupuk kandang)

Apabila cabang sudah banyak, dan tanaman menjadi rimbun, Anda perlu melakukan pemangkasan. Hal tersebut bertujuan agar tanaman melati jepang cepat berbunga.

Melati Jepang Berbunga

Setelah melakukan pemeliharaan dan perawatan dengan baik, melati jepang mulai menghasilkan bunga pertama pada usia 5-6 bulan sejak penanaman. Agar terlihat selalu indah, Anda tetap harus melakukan perawatan.


Itulah 5 langkah mudah budidaya bunga melati jepang yang bisa Anda lakukan. Mari tanam melati jepang untuk mempercantik halaman rumah Anda.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 5 Tips Menanam Bunga Vinca Gantung Bagi Pemula

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-menanam-melati-jepang
  • https://www.faunadanflora.com/cara-menanam-dan-merawat-bunga-melati-jepang/

Sumber gambar utama: bukalapak.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.