Cara Budidaya Tanaman Hias Kaktus yang Mudah

Siapa yang tidak mengenal kaktus? Tanaman yang satu ini sangat dikenal dengan durinya yang tajam. Secara umum, tanaman ini dapat hidup tanpa air dalam waktu yang cukup lama. Budidaya kaktus hias akhir-akhir ini menjadi semakin popular karena perawatannya yang minim.

budidaya kaktus

Awal mula habitat kakktus yaitu berada di gurun wilayah Barat. Namun seiring dengan berjalannya waktu, tanaman ini akhirnya menyebar ke seluruh penjuru dunia. Kaktus sendiri memiliki beragam jenis, ada kaktus yang memiliki ukuran sangat tinggi seukuran manusia hingga kaktus berukuran mini.

Selain itu, beberapa jenis kaktus juga dapat menghasilkan bunga yang indah. Oleh karena itu tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan kaktus sebagai tanaman hias.

Tahap Budidaya Kaktus Hias

Jenis kaktus yang biasa dijadikan sebagai tanaman hias adalah kaktus mini yang dapat menghasilkan bunga. Jika Anda tertarik untuk mulai budidaya kaktus, ini dia beberapa langkah yang harus dilakukan.

1. Persiapan Bibit Kaktus

Langkah awal untuk melakukan budidaya kaktus hias adalah mempersiapkan bibit berkualitas. Anda bisa menggunakan bibit yang dibeli dari toko tanaman hias atau memperbanyaknya sendiri dari tanaman induk.

Kriteria bibit kaktus berkualitas yag harus dipilih antara lain:

  • Batang tidak memar
  • Arah tumbuh tegak lurus
  • Memiliki duri yang sempurna
2. Persiapan Media Tanam

Karena habitat asal kaktus berada di daerah gurun yang kering, maka Anda harus mempersiapkan media tanam yang kering dan tidak tahan udara. Anda bisa menggunakan beragam jenis media tanam seperti pasir, arang sekam, dan juga pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1.

Jangan gunakan jenis media tanam yang lembab dan menyerap air terlalu banyak seperti tanah merah atau tanah liat karena akan membuat tanaman membusuk.

Setelah mempersiapkan media tanam, sediakan pula pot atau wadah penanaman yang sesuai dengan ukuran kaktus. Untuk jenis kaktus hias yang membulat, Anda bisa menggunakan pot mini dengan ukuran 5-10 cm

3. Perawatan dan Pemeliharaan Kaktus

Penyiraman tanaman kaktus bisa disesuaikan dengan tingkat kekeringan media tanam. Setelah 2 minggu setelah masa tanam, maka tanaman kaktus bisa dipindahkan ke wadah yang lebih sesuai.

Selain penyiraman, Anda juga harus melakukan penggantian pot dan media tanam secara berkala. Sesuaikan jenis pot dan media tanam dengan kaktus.

tanaman kaktus

Beberapa jenis kaktus ada yang menyukai tempat yang lebih gelap, namun ada juga yang menyukai sinar matahari penuh. Untuk jenis kaktus yang menyukai sinar matahari penuh, jangan langsung meletakkan tanaman di bawah sinar matahari langsung. Biarkan tanaman selama 3 minggu terlebih dahulu sebelum menempatkannya di bawah sinar matahari Sedangkan untuk jenis kaktus yang menyukai tempat yang gelap, Anda bisa menempatkannya di tempat yang terkena sinar matahari sesekali.

Baca juga: Ini Dia Tips Merawat Tanaman Sukulen Dengan Mudah

Itulah tadi beberapa langkah mudah budidaya kaktus hias. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Selamat mencoba!


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Gambar utama: Pixabay.com


Sumber:

https://faundadanflora.com/cara-budidaya-tanaman-kaktus-hias

https://pertanianku.com/mudahnya-budidaya-kaktus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.