3 Cara Membuat Tanah Tandus Menjadi Subur Kembali

Apakah Anda ingin membudidayakan suatu tanaman tetapi tanah yang digunakan tidaklah subur alias tandus? Pernahkah terpikir bahwa tanah tandus bisa dibuat menjadi subur kembali?

Berkebalikan dengan tanah subur, tanah tandus merupakan tanah yang memiliki kandungan humus yang rendah. Pada kondisi ini, umumnya tanah akan sulit untuk dijadikan sebagai lahan pertanian, karena tanaman menjadi sulit tumbuh.

Ada beberapa faktor mengapa hal ini bisa terjadi. Mulai dari faktor cuaca, unsur hara dan mineral tanah yang rendah, kurangnya rongga udara pada tanah, hingga faktor rendahnya porositas struktur tanah.

Dalam hal ini, sebenarnya kesuburan tanah tandus tersebut dapat dikembalikan. Pengembalian bisa Anda lakukan secara bertahap dengan cara dan resep menyuburkan tanah yang tepat pula.

Sebagai panduan, berikut ini adalah 3 cara yang perlu Anda lakukan agar tanah tandus kembali menjadi subur:

Rutin Memberikan Pupuk pada Tanah Tandus

Cara pertama untuk membuat tanah tandus menjadi subur kembali yang bisa dilakukan, yaitu dengan memberikan pupuk. Seperti yang diketahui, kandungan unsur hara pada tanah tandus yang rendah, tentu sangat perlu untuk ditingkatkan. Pemberian pupuk merupakan salah satu cara tepatnya. Dalam hal ini, ada 2 jenis pupuk yang bisa Anda berikan, yaitu:

  • Pupuk Kompos

Pupuk kompos merupakan pupuk organik yang dibuat dari bahan sisa tanaman dan hewan. Selain bisa didapatkan dengan cara membelinya, pupuk jenis pertama ini juga bisa Anda buat sendiri.

Dalam hal ini, tentu membuat pupuk kompos sendiri jauh lebih disarankan. Pertimbangannya, selain karena pupuk dapat dibuat dengan mudah, cara ini tentu juga jauh lebih hemat pula.

Pupuk Organik

  • Pupuk Kandang

Tidak jauh berbeda dengan pupuk kompos, pupuk kandang juga merupakan pupuk murah yang bisa didapatkan dengan sangat mudah. Seperti namanya, pupuk kandang adalah pupuk yang berasal dari kotoran hewan. Baik itu sapi, kambing, atau kotoran unggas seperti ayam.

Untuk mengembalikan kesuburan, pupuk kedua ini memang terbilang efektif. Hal itu karena pupuk kandang mampu meningkatkan kandungan unsur hara pada tanah serta dapat mengurai bahan organik secara cepat.

Baca juga: 5 Dampak Penggunaan Pupuk Organik yang Belum Matang

Memperkaya Organisme Penyubur Tanah

Dalam kesuburan tanah, organisme penyubur memang memegang peranan yang sangat penting. Sebagian mungkin belum terlalu paham mengenai peranan organisme yang juga sering disebut sebagai biota tanah ini.

Padahal pada tanah, organisme ini akan membantu dalam banyak hal. Mulai dari, menjadi dekomposer untuk tanah, pengurai polutan, sebagai pereaksi kimia dalam tanah, serta banyak peran lainnya.

Dalam hal ini, cacing merupakan salah satu dari sekian banyak organisme penyubur tersebut. Adapun untuk memperkayanya, Anda bisa melakukan pelapisan dengan cara memberikan pupuk kandang pada tanah. Dengan begitu, pupuk tersebut dapat menjadi media pengembangbiakan alami dari makhluk mungil tersebut.

Selain itu, sebisa mungkin hindari juga penggunaan obat-obat kimia sepertu herbisida, pestisida, atau pupuk non-organik lain yang dapat mematikan organisme serta merusak kesuburan tanah.

Baca juga: 5 Dampak Berbahaya, Stop ‘Kecanduan’ Pupuk Kimia!

Menutup Tanah dengan Mulsa

Menutup Tanah dengan Mulsa

Dalam dunia pertanian, mulsa tentu bukan sesuatu yang asing. Benar, mulsa yaitu sebuah penutup yang diberikan dengan tujuan agar tanah dapat terhindar dari sinar matahari secara langsung.

Pada dasarnya, bukan hanya karena itu. Sebagian bahkan mengatakan, penggunaan mulsa ini dapat membantu mencegah pertumbuhan rumput, menyediakan nutrisi tambahan pada tanah, serta menjaga kelembaban tanah.

Dalam pengaplikasian, ada 2 jenis mulsa yang bisa Anda pilih. Pertama, mulsa organik yaitu jerami, kulit buah, kertas, atau kulit kacang. Kedua, mulsa anorganik seperti plastik dan batu. Selain kedua mulsa tersebut, sebenarnya Anda juga bisa menggunakan mulsa hidup yang bisa didapatkan dari tanaman. Misalnya, semanggi, ubi jalar, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.


Itulah 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tanah tandus menjadi subur kembali. Semoga info pertanian bisa sedikit membantu mengembalikan serta meningkatkan kembali produktivitas tanah Anda.

Klik & Baca: 5 Bahan Amelioran yang Bisa Menyuburkan Tanah

Penulis: Siti A’Imatul Latifah

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.