Menanam Bunga Baby Breath

Mau tahu cara menanam bunga baby breath? yuk, ikutin langkah-langkah penanamannya di artikel pertanian berikut ini.

Bagi para pecinta bunga tentu sudah tidak asing lagi dengan bunga baby breath. Bunga ini sering dijadikan tanaman hias di halaman rumah serta rangkaian bunga, karena bentuknya yang indah.

Bunga ini juga cocok tumbuh di lingkungan tropis, sehingga Anda bisa menanam bunga ini dengan mudah.

Tips Menanam Bunga Baby Breath

Pada dasarnya bunga ini memiliki dua warna, yakni bunga baby breath pink dan putih. Berikut ini merupakan 5 tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk menanam bunga baby breath di rumah, diantaranya adalah:

Baca Juga: Ini Dia Cara Mudah Menanam Bunga Camelia di Rumah

Menyiapkan Bibit Bunga Baby Breath

Sebelum menanamnya, Anda perlu menyiapkan bibit bunga baby breath dengan membelinya di penjualan bunga secara langsung maupun online. Pilihlah bibit bunga yang berukuran sama, serta berkualitas, Anda bisa memperhatikan kemasannya.

Pastikan bibit dibungkus rapi dengan keadaan tidak lembab dan kering. Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan kelayakan tanam pada bibit dengan merendamnya di sebuah wadah. Jika bibit terapung berarti bibit tersebut tidak siap tanam, begitupun sebaliknya.

tanam bunga baby breath
mayangkoto.wordpress.com

Penyiapan Media Tanam Baby Breath

Untuk penggunaan media tanam sendiri Anda bisa memilih untuk menanam nya langsung di tanah atau menanam bunga baby breath dalam pot. Pastikan lokasi tanam berada di tempat yang jauh dari limbah serta dapur

Bila Anda menanam langsung di tanah, Anda perlu memastikan tanah tersebut baik dan bertekstur lembut. Bersihkan lahan tanaman dari rumput liar serta bebatuan yang akan menghambat pertumbuhan tanaman. pH tanah yang bagus yaitu diatas 6-7.

Bila PH terlalu asam Anda perlu memberikan kapur dolomit terlebih dahulu, sembari memberikan pupuk. Gemburkan tanah serta memberikan pupuk kandang dengan banding 2:1. Buat lubang tanam pada media tanam yang digunakan.

Jika Anda menanamnya di lahan pekarangan rumah, Anda bisa membuat lubang tanam sesuai dengan susunan yang diinginkan.

Jika menggunakan pot harus berdiameter sekitar 20-30 cm. Isi pot menggunakan tanah yang tercampur pupuk kandang serta arang sekam, setelah itu buat lubang tanaman sebesar 5 cm dan sedalam 5 cm.

Tahap Penyemaian Baby Breath

Lakukan penyemaian bunga baby breath dengan benar. Pertama Anda perlu menyiapkan media semai berupa polybag atau tray, Lalu isi menggunakan tanah semai.

Tanah semai sendiri dapat dibuat dengan campuran tanah gembur dan pupuk kandang  beserta sedikit sekam.

Tanam bibit bunga ke dalam media semai lalu tutup menggunakan tanah semai. Lalu siram bibit menggunakan sprei di setiap pagi serta sore hari. Letakkan media semai di tempat yang terkena sinar matahari.

Baca Juga: Ingin Menanam Bunga Lee Kuan Yew? Ikuti Cara Ini

Pemindahan Baby Breath

Pemindahan bunga baby breath dapat dilakukan ketika bunga memiliki tunas setinggi 3-5 cm. Untuk pemindahan bibit dari media semai, Anda harus menggunakan alat seperti sekop kecil agar akar tanaman tidak rusak.

Pindahkan bibit bunga ke lubang tanam dan menutupnya kembali hingga tanah menjadi padat, agar tanaman bisa berdiri tegak. Jangan lupa menaburkan pupuk diatas lahan tanam.

Bunga_Baby_Breath
bukalapak.com

Melakukan Perawatan Bunga

Setelah melakukan penanaman, tentu Anda harus merawat bunga dengan baik. Perawatan tersebut dilakukan agar bunga tetap terlihat indah. Untuk merawatnya pun cukup mudah, yakni seperti penyiraman, pemberian pupuk, dan lainnya.

Lakukan penyiraman menggunakan spray, secara rutin minimal sehari 1 kali. Setiap dua minggu sekali Anda perlu memberikan pupuk lanjutan pada tanaman dan melakukan penyiangan.

Dengan melakukan perawatan yang baik, Anda bisa menikmati keindahan bunga setiap hari bahkan membuat buket baby breath.


Itulah 5 Tips mudah untuk menanam bunga baby breath di rumah yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Cara Budidaya Bunga Panca Warna Hingga Perawatannya

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-menanam-bunga-baby-breath

Sumber gambar utama: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.