Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai beragam manfaat dari rumput laut

Rumput Laut

pixabay.com

Baca juga: Keuntungan Berbisnis Dari Berbagai Manfaat Lidah Buaya

Rumput laut adalah salah satu jenis tanaman sayuran yang hidup di sekitar perairan air asin. Tanaman rumput laut sendiri menjadi salah satu sumber makanan bagi kehidupan di laut.

Bukan hanya itu, ada banyak manfaat rumput laut lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Rumput laut memiliki beragam warna seperti coklat, hijau, merah, serta hitam. Ada beberapa jenis rumput laut seperti nori, kombu, wakame, ganggang biru hijau.

Rumput laut sendiri memiliki nutrisi yang tinggi, serta kandungan mineral yang banyak.

Manfaat Rumput Laut Untuk Kesehatan

Rumput laut memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh diantaranya vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, yodium, besi, serta antioksidan. Kandungan pada rumput laut tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Adapun beberapa manfaat rumput laut untuk kesehatan diantaranya

Menjaga Kesehatan Usus

Usus memiliki bakteri yang berperan penting untuk memecah makanan, serta menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Rumput laut ganggang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan usus, karena mengandung serat yang tinggi.

Dimana kandungan serat tersebut memberi makan pada bakteri usus dan dipecahkan menjadi senyawa yang penting untuk kesehatan usus serta kekebalan tubuh.

Sehingga, Anda perlu mengkonsumsi ganggang untuk mengatasi penyakit seperti diare atau sembelit.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Selain mengandung zat besi, tanaman rumput laut juga mengandung kalsium yang cukup tinggi.

Dimana kandungan rumput laut tersebut sangat baik untuk memperkuat tulang dan gigi. Pada jenis rumput laut wakame terdapat kandungan kalsium sebanyak 60 mg yakni sekitar 6% dari kebutuhan kalsium sehari-hari.

Rumput laut memiliki sifat antiinflamasi yang berfungsi untuk memperbaiki kelenjar ludah serta membuat jaringan dimulut untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Mencegah Anemia

Anemia merupakan penyakit kekurangan darah merah atau zat besi, sehingga mudah merasa lesu serta lelah.

Pada umumnya pria membutuhkan zat besi sebanyak 8 mg, serta wanita membutuhkan zat besi sebanyak 18 mg di setiap harinya.

Rumput laut memiliki manfaat untuk mencegah anemia, karena di dalam rumput laut terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi. Semangkuk kecil rumput laut memiliki kandungan zat besi sebanyak 0,8 mg.

pixabay.com

Baca juga: Mengenal Buah Buni Dengan Ragam Manfaatnya

Menurunkan Diabetes

Kandungan serat yang ada pada rumput laut mampu meringankan penyakit diabetes. Karena serat yang tinggi bisa mengatur glukosa darah serta kadar insulin.

Rumput laut juga memiliki senyawa yang bisa mencegah terjadinya diabetes seperti kadar lemak tinggi, sensitifitas insulin, serta peradangan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda bisa mengkonsumsi rumput laut. Karena kandungan omega-3 asam lemak pada rumput laut bisa mengurangi kolesterol jahat (LDL), serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Dengan begitu, peredaran darah semakin lancar serta tidak terjadi penyumbatan arteri, sehingga jantung tetap sehat.

Mencegah Kanker

Rumput laut mampu mengatur estrogen pada tubuh, sehingga bisa mencegah terjadinya penyakit kanker payudara.

Beberapa jenis rumput laut memiliki kandungan glikoprotein serta polisakarida sulfat yang membuat tubuh menjadi kebal untuk melawan virus serta sel kanker.

Mencegah Penyakit Katarak

Penyakit katarak biasanya terjadi pada lansia, dimana fungsi pengelihatan pada mata menurun. Untuk mencegah penyakit katarak, Anda bisa mengkonsumsi rumput laut secara rutin.

Karena rumput laut memiliki kandungan fucoxanthin serta sifat anti inflamasi okular untuk mencegah katarak.


Itulah informasi dari beragam manfaat rumput laut yang baik bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Beberapa Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Sumber: Idntimes.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.