cuci tangan

Mau tau informasi mengenai penggunaan cuci tangan atau hand sanitizer lebih baik? Berikut Pak Tani Digital akan membahasnya. Simak ulasannya!

Cuci Tangan atau Hand Sanitizer

Kelangkaan Hand Sanitizer

cuci tangan
thenewyorktime.com

Baca juga: Naiknya Status Virus Corona Menjadi Pandemi

Dengan maraknya penggunaan hand sanitizer untuk mengurangi penyebaran virus corona membuat beberap oknum bermain nakal untuk menaikan harga hand saitizer di berbagai tempat.

Hal ini membuat kelangkaan dan kepanikan warga dalam mendapatkan hand sanitizer. Banyak oknum yang mengambil keuntungan

Dengan menjual dengan harga yang sangat tinggi hingga beberapa orang yang berinisiatif membuat sendiri dengan bahan yang mudah didapatkan.

Keprihatinan dengan kelangkaan ini, membuat beberapa orang membuatnya dengan berbahan dasar alami seperti penggunaan daun mangrove, jeruk nipis, daunsirih dan lainnya

Guna untuk membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan hand saitizer di pasaran serta keunggulan dari penggunaan bahan alami yaitu lebih cocok digunakan untuk yang memiliki kulit sensitif

Mana yang Lebih Efektif ?

cuci tangan
lagizi.com

Baca juga: Kenaikan Permintaan Drone Pertanian Akibat Virus Corona

Melihat kejadian seperti ini pemerintah pusat terus menggalakkan gerakan mencuci tangan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona Achmad Yurianto mengatakan mencuci tangan menggunakan sabun lebih efektif daripada hand sanitizer.

Alasan dari mencuci tangan dengan sabun dan dengan air mengalir adalah membuat seluruh celah di tangan bisa dibasuh hingga ke celah kuku.

Berbeda dengan hans sanitizer yang mungkin hanya telapaknya saja bisa dibersihkan namun tidak dengan bagian-bagian lainnya.

Hal ini juga dibenarkan oleh dr. Haekal Anshari yang membagikan vidio di akun instagramnya mengenai stop panic buying terhadap sabun antiseptik dan hand sanitizer

Dikarenakan sifat alami molekul sabun mampu merusak struktur virus tersebut. Bahkan terlalu sering mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik akan menyebabkan gangguan pada kulit seperti dermatitis kontak iritan.

Hand sanitizer dengan kadar alkohol diatas 60% efektif membunuh kuman namun tetap lebih baik mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir

Akan lebih baik untuk membunuh virus corona. Hand sanitizer digunakan saat kesulitan mendapatkan air dan sabun.

Jagi akan lebih sulit jika Indonesia kekuarangan air dan sabun untuk membasmi virus corona dan tetaplah rutin mencuci tangan sesuai anjuran dari WHO, selain itu juga mengimbau masyarakat berdisiplin menerapkan physical distancing.


Itulah informasi mengenai keefektifan penggnaan sabun saat mencuci tangan daripada hand sanitizer.Semoga informasi yang diberikan dapat bermnafaat ya sobat PTD!

Baca juga: Jangan Impor, Corona Peluang Besar Pertanian

Sumber: Detik.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.