peningkatan ekspor

Ekspor  produk pertanian ditargetkan  naik 3 kali lipat apakah bisa? Pak Tani Digital akan mengulas berita nya. Simak ulasan berikut!

Rencana Peningkatan Ekspor

peningkatan ekspor
liputan6.com

Baca juga: Banyuwangi Kembali Ekspor Kopi Robusta, Tujuannya Swiss Hingga Inggris

Kementerian Pertanian (Kementan) berencana untuk meningkatkan kegiatan ekspor produk pertanian hingga 3 kali lipat selama kurun waktu 4 tahun mendatang.

Rencana tersebut diwujudkan dimulai melalui program Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks), yang merupakan ajakan kepada seluruh pemegang kepentingan pembangunan pertanian untuk bekerja dengan memanfaatkan teknologi, inovasi, jejaring, dan kerjasama yang kuat.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo berharap program Gratieks ini dapat jadi pengungkit kesuksesan bagi para petani dan nelayan di Indonesia.

yang akan berdampak baik abgi kesejahteraan petani, ketersediaan pangan sekaligus berjayanya produk pertanian kita di pasar dunia

Mewujudkan Program Gratieks

Beberapa kebijakan yang akan dijalankan untuk mewujudkan program Gratieks tersebut diantaranya dengan membuka akses informasi terkait potensi komoditas ekspor di masing-masing daerah dan negara tujuan ekspor.

Informasi tersebut bisa diakses melalui aplikasi peta potensi ekspor, Indonesia Maps of Agriculture Commodities Export (IMACE).

peningkatan ekspor
republika.co.id

Baca juga: Ekspor Yakin Akan Naik 100 Persen , Mentan : Terus Dorong Eksportir Kita

Kementan juga akan melakukan pendampingan baik dorongan melalui penyediaan benih yang berkualitas, serta pendampingan pemenuhan SPS (sanitary dan phytosanitary) sesuai persyaratan negara tujuan melalui program In Line Inspection.

Kementan juga akan melakukan MoU dan protokol karantina dengan negara mitra untuk membuka akses pasar ekspor baru, pelatihan teknis, bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR), menumbuhkan eksportir baru terutama dari kalangan millenial, hingga kerjasama dengan stakeholder terkait agar akses dan transportasi juga tersedia.

Wakil Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Enny Anggraeny Anwar mengaku sependapat dan akan mendukung gagasan yang disampaikan oleh Mentan SYL.

Pemerintah sulawesi Barat (Sulbar) akan berkolaborasi guna mengembangkan seluruh potensi sumber daya pertanian yang ada di daerah tersebut, khususnya untuk meningkatkan ekspor dan investasi.


Itulah informasi mengenai peningkatan ekspor untuk produk pertanian, semoga informasinya bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Dongkrak Ekspor Pangan, Mendag dan Mentan Susun Strategi Baru

Sumber: liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.