Mau tau info tentang kopi robusta? Kopi Rousta dari Banyuwangi kembali diekspor loh! Berikut informasinya!

Kopi Robusta Banyuwangi

Kopi robusta Banyuwangi mengekspor produk kopi andalannya yang berasal dari kaki Gunung Ijen, tepatnya di Perkebunan Selogiri, kopi robusta Banyuwangi aktif dikirim ke berbagai negara.

Benny Hendricrianto selaku Manajer Kebun Kaliselogiri, mengatakan, kopi robusta yang diekspor adalah kopi dengan kualitas ‘mutu satu’ dalam bentuk green bean.

Kopi robusta dari kabupaten berjuluk The Sunrise of Java itu resmi diekspor ke Italia, Jepang, dan Inggris sebesar 378 ton. Dari jumlah 378 ton, Italia menjadi negara dengan porsi pengiriman terbesar yakni 324 ton, Inggris 36 ton, dan Jepang 18 ton.

kopi robusta
jatimnow.com

Baca juga: 6 Jenis Kopi yang Berhasil Menembus Pasar Internasional

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas terus mendorong para pelaku usaha pertanian dengan berbagai subsektornya di Banyuwangi untuk merambah pasar luar negeri. Kopi Banyuwangi meneguhkan eksistensinya sebagai produk unggulan berkualitas ekspor

Pada tahun 2019, produksi kopi dari seluruh perkebunan di Banyuwangi diprediksi bisa mencapai 3.990 ton. Dari produksi tersebut, yang diekspor 3.192 ton. Negara tujuannya mulai dari Amerika Serikat, Italia, Jepang, Saudi Arabia, Qatar, hingga Mesir.

Baca juga: Ragam Manfaat Ampas Kopi Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Dengan kondisi pembungaan saat ini yang cukup bagus, kita tinggal menunggu hujan untuk mengairi lahan. Dengan demikian, kita berharap tahun depan produktivitasnya bisa meningkat menjadi 1 ton/hektar dari posisi sekarang sekitar 800 kg/hektar dan dengan memperhatijan kesehatan tanamannya.

Untuk peningkatan kualitas tanaman dan produktivitas kopi, Pemkab Banyuwangi melakukan pelatihan peningkatan kompetensi petani kopi, mulai dari pelatihan budidaya hingga pascapanen yang diharapkan kualitas kopi di Banyuwangi terus meningkat agar permintaan pasar luar negeri terus bertambah


Semoga bermanfaat informasi mengenai ekspor kopi robusta ya sobat PTD!

Baca juga: Ekspor Yakin Akan Naik 100 Persen , Mentan : Terus Dorong Eksportir Kita

Sumber : detik.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik diĀ sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.