Pentingnya Faktor Trust dalam Transaksi Online Pertanian

Saat ini, masyarakat umum sudah mulai terbiasa dengan transaksi online. Bahkan, untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti membeli makanan, minuman, dan pakaian dapat dilakukan melalui transaksi online. Hal ini bagaikan dua buah mata pisau yang dapat meningkatkan taraf kehidupan tetapi juga dapat meningkatkan budaya konsumeris. Tentu saja kemajuan zaman sekarang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dan menghindari dampak negatifnya seminimal mungkin.

Sebagai negara agraris yang besar, Indonesia masih mengalami kesulitan dalam menghindari kerugian petani akibat rantai pasar yang panjang. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh petani Indonesia dalam mencapai rantai pasar terakhir, petani dapat memanfaatkan transaksi online. Salah satu platform fintech yang menyediakan sarana untuk berjualan, berhubungan langsung dengan konsumen, serta beriklan secara gratis adalah Pak Tani Digital yang aplikasinya dapat diunduh di Google Play Store.

Solusi yang ditawarkan dan usaha untuk meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia masih harus melewati banyak rintangan. Salah satunya adalah faktor trust. Faktor tersebut merupakan faktor yang tidak bersifat teknis namun dapat mempengaruhi keseluruhan transaksi yang ada.

Faktor trust terhadap platform fintech

Adanya kecurigaan terhadap penyedia sarana layanan merupakan hal yang paling umum terjadi. Petani beranggapan bahwa penyedia jasa seringkali menaikkan harga jual dari harga yang mereka tawarkan dan tambahan harga jual tersebut dinikmati oleh penyedia platform. Sementara itu, konsumen merasa bahwa sebenarnya mereka berhubungan dengan rantai pasar lainnya. Untuk itu, faktor trust terhadap platform fintech harus harus diatasi dengan kegiatan edukasi yang masif untuk kedua pihak, konsumen maupun petani bahwa penyedia platform, khususnya Pak Tani Digital, hanya bertugas sebagai ‘mak comblang’ yang menghubungkan petani dengan konsumen secara sukarela, untuk kemajuan kesejahteraan petani Indonesia.

Trust adalah hal yang penting dalam transaksi online
Sumber: medium.com

Faktor trust terhadap konsumen

Proses transaksi di pasar tradisional umumnya dimulai dengan proses tawar-menawar. Ketika komunikasi jarak jauh antara konsumen dan petani sudah terbangun, faktor penting lainnya adalah integritas dari konsumen itu sendiri.

Sebagai konsumen yang baik, penting untuk menunjukkan kemauan terhadap suatu produk dan mampu memberikan kepastian terhadap produk yang akan dibeli. Untuk itu, pengembangan yang dilakukan oleh platform fintech juga dapat memverifikasi konsumen yang kredibel ketika proses transaksi mulai berjalan. Jadi, kecurigaan akan penipuan yang dilakukan oleh konsumen dapat diatasi.

Faktor trust terhadap petani

Faktor trust lainnya adalah kualitas dari produk yang digambarkan harus sesuai dengan gambar dan deskripsi yang ditawarkan oleh petani. Petani yang juga berperan sebagai penjual harus mempunyai deskripsi yang jujur terhadap produk pertanian yang mereka miliki sehingga transaksi yang diharapkan dapat terjadi dan dapat dilakukan secara berkelanjutan di masa depan nantinya.


Platform fintech yang juga merupakan sarana dalam bertransaksi online menjadi penghubung pertama antara konsumen dengan petani yang menawarkan produk mereka. Hubungan yang terjadi tidak secara langsung tetapi melalui perangkat komunikasi jarak jauh. Maka dari itu, faktor trust merupakan faktor yang berpengaruh terhadap transaksi masa depan untuk kedua belah pihak. Jadi, mari menjadi konsumen yang baik dan menjadi petani yang jujur terhadap produknya.

Baca juga: Ini Dia, 5 Aplikasi yang Dibutuhkan Petani Milenial Indonesia

Ingin promosikan komoditi Anda di Pak Tani Digital? GRATIS!! Silahkan kirim data komoditi berikut: Nama, Komoditi, Total Berat/Stok, Waktu Panen, Lokasi, Estimasi Harga, dan No. HP (aktif) ke nomor Whatsapp 0859 3491 8758 atau email paktanidigital@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.