keadaan ekonomi

Resesi keuangan adalah keadaan yang tidak dapat dihiraukan dan jika terjadi siap atau tidak kita harus hadapi. Jika sudah dalam keadaan krisis, negara manapun rawan untuk terjerumus ke dalam jurang resesi bahkan negara maju sekalipun.

Saat ini masa keadaan krisis tersebut sudah terjadi. Sudah banyak negara yang mengonfirmasikan negaranya masuk ke dalam resesi ekonomi. Jelas saja tidak ada yang menginginkan negaranya masuk ke jurang resesi. Namun jika sudah terjatuh, mau dikata apalagi? Kita harus hadapi dengan bijak agar tidak terjatuh semakin dalam.

resesi

Sumber: Katadata.com

Meski berharap agar Indonesia tidak masuk ke resesi, namun kita juga harus tetap siap untuk segala kemungkinan. Jika sudah masuk kita harus tetap berpikir dan berusaha agar dapat keluar dari resesi. Kita harus mempersiapkan segala sesuatunya agar tidak terdampak akibat resesi.

keadaan ekonomi

Upaya untuk menghadapi Resesi

cegah resesi

Baca Juga: Mencegah Indonesia Masuk Jurang Resesi
1. Mempersiapkan untuk keadaan emergency

emergency
Selalu menjadi hal yang penting untuk membuat jaga-jaga untuk kemungkinan yang terjadi. Terutama untuk keberlangsungan hidup, sangat penting menyiapkan persiapan di keadaan darurat.
Seperti saat pandemi saat ini banyak yang mengalami PHK, bahkan pemilik perusahaan yang harus mengalami kebangkrutan.

Untuk itulah persiapan keadaan emergency ini sangat berguna. Setidaknya kita harus mempersiapkan dana untuk keadaan darurat untuk 6 bulan. Ini wanti-wanti jiga keadaan tidak membaik. Kita dapat menggunakan dana ini untuk melanjut kehidupan atau memulai usaha baru dengan skala lebih kecil sampai keadaan pulih.

2. Lunasi Hutang

lunasi hutang
Keadaan yang buruk yang anda hadapi tidak menjadikan orang harus berempati dengan anda kemudian tidak menagih hutang anda. Justru, terkadang saat keadaan ekonomi yang susah seperti ini, membuat orang menagih segala hutang dengan alasan tetap untuk melanjut kehidupan.

Semua merasakan dampaknya sehingga semua akan mengumpulkan dari manapun. Jangan sampai anda yang sedang mengalami kesusahan harus lagi memikirkan untuk membayar hutang. Untuk itu rencanakan pelunasan hutang anda. Anda bisa memulai dari hutang yang paling kecil atau dengan cara lain yang mungkin menurut anda lebih efektif.

3. Mendahulukan prioritas

tentukan prioritas
Yang namanya manusia tentu saja tidak akan pernah puas dan cukup. Terkadang banyak juga yang tidak dapat menahan selera untuk memiliki sesuatu yang tidak bersifat penting. Hilangkan pemikiran tersebut. Meski belum terasa, anda sudah harus berpikir panjang. Lengkapi kebutuhan yang penting untuk jangka panjang.

Usahakan selalu siaga dan mempersiapkan untuk masa depan daripada harus kewalahan di hari H. buang pikiran membeli sesuatu yang mahal dengan iming-iming investasi. Tidak ada yang tahu masa depan. Belum tentu orang akan mementingkan benda dibandingkan makanan di masa depan.

4. Selalu update dengan keadaan ekonomi

 

update ekonomi
Sangat penting untuk anda tahu perkembangan ekonomi di negara anda. Ini berguna untuk anda dalam merencanakan segala persiapan anda. Anda dapat mengontrol dan memantau keadaan ekonomi anda agar jangan sampai terdampak resesi. Percayalah semua dapat diatasi. Hanya perlu sabar, berjuang dan bijaksana.

Dengan mengetahui keadaan ekonomi, anda dapat memanfaatkan segala peluang yang mungkin dapat anda manfaatkan. Pandai dan bijaksana membaca keadaan akan membuat anda mampu bertahan.

 

Tidak ada jaminan kita tidak memasuki resesi ekonomi. Persiapkan segala sesuatunya dengan baik. Anda dapat menyelamatkan keuangan anda sendiri mulai dari sekrang. Utamakan prioritas anda. Dengan persiapan yang sudah baik dan matang kita dapat hadapi resesi dengan baik dan membantu memperbaiki ekonomi perlahan.

 

Baca Juga: Siapkah Indonesia dengan Resesi Ekonomi?

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi

https://www.simulasikredit.com/persiapan-pribadi-menghadapi-resesi-yang-akan-datang/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.