Mencegah Indonesia Masuk Jurang Resesi

Berbagai cara telah diupayakan oleh pemerintah untuk mencegah ekonomi Indonesia sampai ke fase resesi. Dampak pandemi covid-19 yang sedang meresahkan seluruh penjuru bumi belum juga surut. Setiap negara sudah mulai kewalahan dalam menghadapinya.

Tak sedikit juga yang megeluhkan dan mengonfirmasi negaranya masuk ke jurang resesi. Terakhir dari data yang diperoleh tercatat 12 negara yang sudah masuk ke jurang resesi. Bahkan dari kedua belas negara itu, banyak negara yang termasuk negara maju yang mengalami resesi ekonomi diantaranya Jepang, AS, Singapura dan Inggris.

ekonomi dunia

Sumber: detik.com

Baca Juga: Daftar Negara yang Mengalami Resesi Selama Pandemi

Diduga keadaan negara-negara maju tersebut sampai sebegitunya parahnya karena negara tersebut selama ini sangat mengandalkan ekspor. Ini jugalah yang diprediksi mengapa Indonesia tidak sampai memasuki resesi ekonomi. Indonesia sendiri menyenderkan ekonominya terhadap konsumsi.

Melihat fakta bahwa, selama pandemi banyak negara yang menutup negaranya sehingga tidak ada transaksi ekspor terjadi. Inilah salah satu penyebab negara maju mengalami kemerosotan yang sangat tajam.

triwulan I

Untuk mencegah segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi, pemerintah sudah merencanakan beberapa strategi. Ada juga beberapa hal positif yang dapat dilihat dari ekonomi Indonesia yaitu kebergantungan Indonesia terhadap konsumsi lebih banyak persenannya dibandingkan memenuhi kebutuhan sekunder dan tersier.

ekonomi Indonesia

Sumber: Okezone.com

Ini membuat kebutuhan pangan tetap terjaga sehingga kontraksi ekonomi tetap dapat dikendalikan dan relatif terbatas. Pemerintah harus dapat juga memfokuskan ke konsumsi masyarakat untuk memperkecil kemungkinan masuk ke jurang resesi.

 

Baca Juga: Negara yang mengalami Resesi Semakin Meningkat

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi:

https://katadata.co.id/ameidyonasution/finansial/5f27f74193e4f/cara-mencegah-ri-masuk-resesi-ekonomi-pemerintah-fokus-pacu-konsumsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.