Ingin Budidaya Alpukat? Ini Jenis-Jenis Terbaiknya

Ingin budidaya alpukat? yuk, ketahui jenis buah yang mana diminati oleh pasar. Simak artikel pertanian berikut ini.

Alpukat adalah salah satu jenis komoditas pertanian yang selalu diminati oleh konsumen disepanjang waktu. Oleh sebab itulah, budidaya tanaman alpukat masih sangat menjanjikan untuk dikembangkan.

Tapi bagaimana cara memilih jenis alpukat yang diminati pasar, agar nantinya hasil panen Anda bisa terjual dengan harga tinggi? Yuk simak ciri-ciri alpukat yang diminati pasar dan rekomendasi jenisnya:

Ciri – Ciri Alpukat Yang Diminati Pasar

Berbuah Cepat Dan Lebat (Produktivitas Tinggi)

Produktivitas tinggi adalah kunci untuk mendapatkan hasil panen dan keuntungan yang tinggi. Pohon alpukat yang berbuah cepat dan lebat membuat para pembudidaya alpukat bisa mendapat untung yang lebih banyak.

Sangat disarankan untuk memilih bibit alpukat yang memiliki sifat cepat berbuah banyak dan diminati pasar. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan pendapatan dan mempercepat pengembalian modal dengan cepat.

Daging Buah Tebal

Jenis alpukat yang memiliki daging buah tebal lebih diminati oleh masyarakat daripada jenis alpukat yang berdaging buah tipis. Alpukat dengan daging buah tebal dipercaya mempunyai nutrisi yang lebih banyak.

Kandungan nutrisi tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah untuk kesehatan jantung, tulang, pencernaan, mata, perkembangan otak dan tak ketinggalan pula untuk kecantikan kulit.

Rasa Manis Dan Legit

Buah alpukat dengan rasa yang manis dan legit lebih banyak dicari oleh pembeli dibandingkan alpukat dengan rasa sedikit pahita dan getir. Ada sebagian jenis-jenis alpukat yang memiliki rasa getar ketika digigit.

Anda harus pintar memilih jenis alpukat yang memiliki rasa legit. Sebab, alpukat yang berasa manis dan legit tentu lebih enak dinikmati dalam berbagai suasana.

Tahan Terhadap Serangan Penyakit

Jenis-jenis alpukat sangat banyak dan bervariasi. Tetapi, pohon alpukat yang tahan terhadap serangan penyakit tentu lebih memudahkan dan menguntungkan para petani bukan?

Tanaman alpukat yang tahan terhadap serangan penyakit banyak diminati oleh masyarakat yang mencoba budidaya alpukat. Hal ini dikarenakan pelaku budidaya akan lebih menghemat pengeluaran terhadap pestisida, herbisida dan pupuk organik buah karena perawatannya yang sangat mudah.

Memilih Jenis Buah yang Unggul Saat Budidaya Alpukat

Setelah memahami sifat-sifat unggul yang diminati pasar dan cara menanam alpukat yang tepat, tentu Anda ingin tahu apa saja jenis alpukat unggul yang diminati pasar.

Berikut ini adalah rekomendasi jenis alpukat unggul yang layak untuk Anda budidayakan:

Baca Juga: 4 Langkah Stek Tanaman Buah dengan Mudah

Jenis Alpukat Miki

Alpukat miki merupakan hasil pengembangan dari IPB. Tentu saja, jenis alpukat ini cukup diminati karena memiliki sifat unggul.

Pohon alpukat ini dapat tumbuh dengan subur baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Dengan iklim, ketinggian tempat dan kondisi tanah yang sesuai, akan membuat alpukat ini tumbuh baik jika dirawat dengan benar.

Alpukat jenis ini memiliki banyak keunggulan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Buahnya berukuran besar
  2. Rasanya manis legit dan bertekstur halus
  3. Tanaman cepat berbuah
  4. Dapat berbuah sepanjang tahun sehingga produktivitas tinggi
  5. Pohonnya anti ulat dan tahan serangan hama
  6. Bisa ditanaman dalam pot
alpukat miki
pixabay.com

Jenis Alpukat Aligator

Alpukat aligator merupakan salah satu dari alpukat jenis unggulan. Varietas ini berasal dari Meksiko yang memiliki banyak varian dari ras yang berbeda-beda.

Sesuai dengan namanya, alpukat ini memiliki ukuran yang super jumbo dengan bentuk yang unik. Jadi tak heran bila sebagian orang menanam alpukat ini dengan sebutan alpukat pepaya.

Pohon tanaman ini memiliki struktur ranting yang mudah diatur sehingga tanaman ini sangat cocok digunakan sebagai tanaman hias di rumah. Banyak keunggulan yang dimiliki oleh alpukat ini, diantaranya:

  1. Ukurannya besar atau jumbo
  2. Daging buah lebih banyak dan tebal
  3. Rasa nikmat dan tekstur tanpa serat
  4. Pohonnya mudah dirawat karena tak perlu perawatan khusus
  5. Mudah berbuah dan tahan serangan ulat
  6. Memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak

Jenis Alpukat Markus

Alpukat markus merupakan salah satu jenis tanaman unggulan alpukat. Alpukat yang memiliki nama latin Persea americana ini termasuk jenis unggulan yang dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah sehingga banyak dicari oleh masyarakat karena berbagai kelebihannya.

Beberapa kelebihan alpukat jenis ini adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki ukuran yang lebih besar
  2. Rasanya manis dan tekstur daging buahnya halus
  3. Cepat berbuah
  4. Bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi
  5. Dapat dibudidayakan dengan cara tabulampot

Baca Juga: Ingin Budidaya Alpukat di Dalam Pot? Ini Dia Caranya

Jenis Alpukat Kendil

Sesuai dengan namanya, alpukat kendil merupakan alpukat dengan bentuk yang seperti benda kendil. Alpukat ini banyak diburu oleh masyarakat karena keistimewaan yang dimilikinya. Keunggulan yang dimiliki alpukat jenis ini antara lain:

  1. Buahnya memiliki ukuran yang besar
  2. Rasanya manis dan daging buahnya bertekstur pulen
  3. Pohonnya dapat berbuah dengan cepat
  4. Memiliki sifat genjah atau dapat berbuah di sepanjang tahun
  5. Tidak disukai oleh ulat
  6. Perawatan tanaman ini tergolong mudah
alpukat kendil
twitter.com

Jenis Alpukat Merah

Alpukat merah termasuk jenis alpukat klon unggulan di kelasnya. Alpukat ini memiliki banyak varian, diantaranya adalah sebagai berikut:

Alpukat merah besar

Jenis ini dapat berbuah terus menerus dengan bergantung pada lokasi dan tingkat kesuburan tanah. Buahnya cukup besar dengan daging buah yang tebal dan terasa gurih. Namun buahnya terkadang juga terasa agak kering.

Alpukat merah panjang

Sesuai dengan namanya, alpukat ini memiliki ukuran panjang yang seperti buah pir. Saat matang, kulit buahnya berwarna merah kehitaman.

Soal buah, sama seperti buah alpukat jenis unggulan lainnya. Buah alpukat ini berukuran tebal dengan rasa gurih yang halus dan lunak.

Alpukat merah gagauan

Alpukat yang satu ini dikembangkan oleh pihak Balitbu Tropika. Tanaman ini memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Buahnya berbentuk bulat dengan ukuran besar.

Daging buahnya memiliki ukuran yang tebal dan legit. Jika sudah matang, kulit buahnya akan berwarna kemerahan. Pohon tanaman ini dapat berbuah terus menerus sehingga memiliki tingkat produktivitas yang tinggi.

Alpukat merah murapi

Alpukat yang satu ini juga dikembangkan oleh Balitbu Tropika. Tanaman ini memiliki bentuk alpukat yang agak bulat dan agak lonjong. Buahnya memiliki ukuran buah yang cukup besar.

Daging dalam buahnya juga berukuran tebal dan bertekstur halus. Buah ini memiliki rasa yang manis dan pulen Tanaman ini akan berbuah terus menerus.

Jadi tak heran bila alpukat jenis ini banyak diminati oleh para pelaku budidaya alpukat karena memiliki tingkat produktivitas yang tinggi.

Alpukat merah paninggahan

Sama seperti pendahulunya, alpukat ini juga dikembangkan oleh Balitbu Tropika. Tanaman ini memiliki buah yang berbentuk bulat lonjong dengan ukuran sedang yang tidak terlalu besar. Daging buahnya berasa manis dan pulen.

Tekstur daging buah ini halus dengan ukuran yang tebal. Jika sudah matang, kulit buah ini akan berwarna merah maron. Pohon tanaman ini akan berbuah terus menerus sehingga dapat meningkatkan produktivitas para pelaku budidaya alpukat.

Jenis Alpukat Simas

Varietas alpukat simas termasuk jenis dari alpukat lokal unggulan yang banyak diminati oleh masyarakat. Jenis ini memiliki banyak keunggulan sehingga banyak yang mencoba untuk budidaya tanaman ini.

beberapa keunggulan alpukat ini adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki ukuran buah yang cukup besar
  2. Daging buahnya berukuran tebal dengan ukuran biji kecil
  3. Rasanya manis dan teksturnya juga halus
  4. Memiliki kandungan air yang lebih sedikit pada buahnya
  5. Pohonnya dapat tumbuh dan berbuah dengan cepat
  6. Tanaman ini tahan terhadap serangan hama

Nah, itulah jenis terbaik dalam budidaya alpukat yang diminati oleh pasar lokal maupun untuk ekspor. Jadi, apakah Anda beminat untuk membudidayakan alpukat? Selamat mencoba.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Pernah Terlupakan, Alpukat Pameling Berkibar Kembali

Penulis: Karolina eka yulianti

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber gambar utama: pixabay.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.