pupuk organik cair (poc)

Tertarik untuk membuat pupuk organik cair (POC) sendiri? Artikel ini cocok banget buat kamu yang tertarik melakukannya, PTD akan membagikan cara-caranya.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pupuk memiliki peranan penting untuk merawat tanaman dan menjaga kesuburan tanah.

Ada dua jenis pupuk yang biasanya digunakan pada tanaman yaitu pupuk kimia dan pupuk organik, kedua jenis pupuk tersebut memiliki keunggulan masing-masing.

Begitupun dengan pupuk organik yang memberikan manfaat bagi petani dalam merawat tanamannya, salah satunya yaitu pupuk organik cair (POC).

Pupuk organik cair atau POC merupakan pupuk yang berasal dari hasil fermentasi uraian bahan organik menjadi bokashi dengan versi cair.

Dengan pupuk ini maka daun tanaman akan lebih mudah menyerap kandungan nutrisi yang cukup banyak.

Cara untuk membuat pupuk organik yang satu ini juga cukup mudah, namun kamu harus memiliki kesabaran untuk menunggu hasil fermentasi.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC)

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat pupuk organik cair (POC), diantaranya adalah:

Baca Juga: Langkah-Langkah Membuat Pupuk Organik dari Buah Busuk

Mempersiapkan Bahan Pupuk

Ada beberapa bahan dasar yang diperlukan dalam pembuatan pupuk organik cair. Untuk mendapatkan nutrisi yang banyak, kamu perlu memilih bahan dasar yang memiliki kandungan unsur hara mikro maupun mikro tinggi.

Adapun beberapa bahan yang diperlukan yaitu ampas kelapa, sisa sayuran, air tajin (bekas cucian beras), kotoran hewan ternak (campuran), batang pisang bagian dalam, dedak, air kencing hewan herbivora, tepung beras atau gandum, nasi basi, ampasan kedelai, bungkil.

Bahan-bahan tersebut bisa kamu pilih yang mudah saja, namun ada beberapa bahan yang wajib kamu gunakan, yaitu air kelapa muda, susu, madu dan telur, EM4, gula atau tetesan tebu.

Bahan dasar yang wajib digunakan yaitu untuk melengkapi kandungan nutrisi dalam pupuk.

Dalam penggunaan bahan pembuatan pupuk tidak boleh sembarangan, karena dapat mempengaruhi kandungan pupuk pada tanaman.

Namun, semakin banyak jenis bahan dasar yang kamu gunakan maka semakin tinggi pula kandungan nutrisi dalam pupuk organik cair tersebut.

air cucian beras
berasmerahcianjur.com

Penghalusan Bahan Pupuk

Penghalusan bahan pupuk sangat penting agar bahan cepat terurai dengan baik, yaitu dengan cara memotong bahan yang besar dan kasar menjadi kecil dan halus, seperti sayur-sayuran. Semakin kecil bahan yang digunakan, maka semakin cepat bahan pokok terurai.

Baca Juga: Cara Membuat Pupuk Organik Urin Kambing, Untuk Hasil Tanam Maksimal

Menyiapkan Mikroorganisme Pengurai (Dekomposer)

Dalam pembuatan pupuk organik cair diperlukan bakteri yang sifatnya dekomposer (mengurai) dan antagonis, sehingga pupuk mampu melawan bakteri yang menyebabkan penyakit pada tanaman.

Biasanya bahan yang digunakan yaitu EM4, karena mengandung beberapa bakteri pengurai tanaman. Namun sebelumnya ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengaktifkan bakteri.

Larutkan gula ke dalam air sumur sebanyak 10 Liter, setelah itu campuran larutan EM4 sebanyak 20 tutup botolnya aduk hingga rata, lalu biarkan selama 1 atau 2 hari di tempat yang teduh.

Pembuatan POC (Pupuk Organik Cair)

Pembuatan pupuk organik cair dilakukan setelah semua bahan sudah disiapkan dengan baik. Masukkan semua jenis bahan padat yang dihaluskan ke dalam karung berpori.

Masukkan pula bahan cair yang sudah disediakan seperti air susu, madu, air kelapa, telur dan unsur EM4, kedalam tong. Campurkan bahan padat dengan bahan cair dalam tong, tutup tong tersebut dengan rapat, lalu buatlah lubang kecil.

Lubang tersebut untuk memasukkan selang kecil yang ada dalam botol bekas berisi air, sehingga selama proses fermentasi suhu dalam tong tetap stabil.

Setelah 1 bulan bahan tersebut akan mengurai, kamu bisa memeras bungkusan yang ada di dalam tong untuk mengeluarkan sisa-sisa nutrisi. Masukkan hasil perasan tersebut ke dalam botol pupuk organik cair.

pembuatan pupuk
bibitbunga.com

Pupuk Organik Cair Siap Pakai

Jika pupuk organik cair yang kamu buat tidak berbau busuk maka eksperimen mu berhasil, dan kamu sudah bisa memakai pupuk tersebut secara langsung.

Caranya yaitu pupuk dicampur air bersih dengan takaran sekitar 5-10 cc per liter, setelah itu disemprotkan ke akar tanaman secara menyeluruh.

Pupuk organik cair yang mengandung nutrisi tinggi sangat baik untuk tanaman, sehingga tanaman akan lebih segar dalam waktu. Kamu juga bisa menggunakan pupuk ini dengan fungisida kimia atau insektisida


Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat pupuk organik cair (POC) sendiri. Kamu bisa mempraktekkannya di rumah, karena caranya yang cukup mudah dan praktis.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Cara Mengolah Kaldu Ikan Menjadi Pupuk Cair

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-membuat-poc-pupuk-organik-cair

Sumber gambar utama: bertani.co.id

Comments

  1. Saya suka dengan artikel pertanian seperti ini,dan saya akan tunggu artikel berikutnya dan Allah akan anugerahkan hikmat besar karena berbagi trus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.