maple

Mau tahu tips menanam pohon maple? Kamu dapat menjadikan artikel ini sebagai pedoman saat ingin melakukannya loh.

Pohon maple merupakan pohon yang tumbuh di empat musim. Pohon maple merupakan pohon nasional Kanada karena daunnya digunakan sebagai lambang bendera kebangsaannya.

Saat menonton film-film asing, kita juga tentu sudah biasa melihat pohon ini. Pohon ini sering di-shoot saat daunnya sedang berguguran.

Pohon dengan nama ilmiah Acer saccharum ini memiliki daun dengan 5 sisi lancip dan warna daunnya berubah sesuai dengan musim, dengan variasi kuning, coklat hingga merah.

Getah dari pohon maple dapat menghasilkan sirup yang manis. Petani akan mengambil getah dari pohon maple ini sekitar bulan Maret dan April. Selain itu, pohon maple juga mempunyai buah bersayap yang disebut samara.

Karena keindahnnya, banyak orang di Indonesia yang ingin menanam pohon maple ini di Indonesia. Namun apakah bisa? Mengingat pohon maple ini tumbuh di daerah sub tropis.

Nah, menanam pohon maple di Indonesia dapat kita lakukan namun dengan lingkungan yang disesuaikan dengan habitat aslinya.

Selain itu, pohon maple memiliki beberapa varietas yag tersebar di banyak daerah dan cara budidayanya pun berbeda-beda sehingga kita tidak bisa asal menanam.

Baca Juga: Ini Dia 5 Langkah Menanam Pohon Pisang Agar Cepat Berbuah

Tips Menanam Pohon Maple

Berikut adalah tips yang harus dilakukan jika Anda ingin menanam pohon maple, tips ini disebut sebagai metode stratifikasi dingin yang terdiri atas 5 poin sebagai berikut:

Metode Stratifikasi Dingin

Metode ini cocok untuk beberapa jenis tanaman maple, seperti maple gula, maple Jepang, maple berdaun lebar, dan beberapa maple merah yang mengalami dormansi pada musim dingin dan mulai berkecambah saat suhu semakin hangat.

Secara umum, pada fase ini, semua spesies pohon maple akan menyebarkan benihnya pada awal musim gugur atau awal musim dingin. Saat itu, sebaiknya Anda memulai metode perkecambahan di tanah.

pohon maple
tokopedia.com

Media Tumbuh pada Plastik

Isi plastik dengan satu genggam gambut, kertas pengecambah dan vermikulit. Plastik harus berbahan steril agar terhindar dari jamur dan bisa dibuka tutup.

Ukuran plastik sebaiknya juga seukuran kemasan ringan dan tidak terlalu besar. Untuk maple merah, pilihah vermikulit yang basa karena benih maple merah tidak menyukai suasana basa.

benih maple
bonsaisupplay.ca

Baca Juga: 5 Langkah Membudidayakan Pohon Penghasil Gaharu

Menambahkan Air

Agar media tumbuh tetap lembab, maka tambahkan sedikit air. Air yang diberikan hanya sampai media tumbuh jika diremas mengeluarkan air.

Menambahkan Fungisida

Fungisida berfungsi untuk mencegah serangan jamur. Berikan sedikit saja fungisida, karena apabila kebanyakan maka dapat merusak tanaman. Sebagai alternatif, dapat juga membasuh benih maple dengan pemutih yang sangat encer.

Penyimpanan Benih

Benih maple dimasukan kedalam plastik. Kemudian tutup plastik setelah benih dimasukkan. Masukkan sekitar 20-30 benih dalam satu plastik. Untuk mengeluarkan udara di kantong plastik, gulung kantong plastik terlebih dahulu.

Kemudian simpan benih dalam kulkas. Ini merupakan stratifikasi dingin pada benih yang bertujuan untuk memicu perkecambahan. Pada beberapa spesies pohon maple, suhu idealnya 1℃-5℃.

Sementara untuk maple Norwegia dan maple boxelder sebaiknya ditempatkan pada suhu 5℃, dan untuk benih maple merah pada suhu 3℃, karena sensitif terhadap suhu lain.


Menurut beberapa ahli, pohon maple termasuk pohon yang sulit dibudidayakan, bahkan persentase keberhasilannya hanya sekitar 20%-50% saja.

Namun itulah metode stratifikasi dingin yang dapat Anda coba terapkan saat ingin menanam pohon maple. Semoga berhasil.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Budidaya Pohon Matoa Hanya dengan 5 Langkah Saja

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.