Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai ini dia alasan mengapa komodo dikatakan hewan langka dan hanya ada di indonesia.

Komodo

Bagaimana Komodo Hidup

pixabay.com

Baca Juga : Dampak Perubahan Cuaca Terhadap Produksi Dan Pendapatan Petani

Komodo atau Varanus komodoensis, adalah spesies kadal yang merupakan hewan endemik Indonesia, yang artinya ia adalah satwa asli Indonesia.

Di Indonesia sendiri, komodo hanya ada di pulau Komodo, pulau Rinca, Gili Motang dan pulau Padar.

Komodo ( Varanus komodoensis )  adalah reptil yang langka dan hanya terdapat di Indonesia, lebih spesifiknya ada di Pulau Komodo.

Reptil ini bisa tumbuh rata-rata sampai berukuran dua sampai dengan tiga meter. Komodo bisa memiliki berat rata-rata hingga tujuh puluh kilogram.

Musim kawin komodo adalah bulan Mei sampai dengan Agustus, telur diletakkan pada bulan September.

Reptil ini biasa disebut ora oleh penduduk setempat. Sampai saat ini populasi komodo diperkirakan tinggal tiga ribu ekor di pulau komodo.

Alasan Mengapa Komodo Langka

pixabay.com

Baca Juga : Beberapa Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh

Menurut sebuah studi yang terbit di Prosiding Royal Society B menjelaskan Komodo bukannya tidak bisa menjelajah daerah lain dan menguasai dunia, tapi mereka tidak ingin melakukannya.

Hal ini didukung dengan penemuan sekelompok ahli yang mengamati komodo di empat pulau di Indonesia selama satu dekade.

Mereka mengungkapkan komodo tidak pernah meninggalkan tanah kelahirannya sepanjang hidup mereka.

Begitu mereka membuat koloni di sebuah pulau, meski sebelumnya sudah datang dari tempat yang jauh, mereka memutuskan perjalanan mereka sudah cukup.

Mereka bertahan di tempat itu tak peduli seberapa berat kondisinya. Itu sungguh mengherankan, Komodo memang hewan yang unik.

Komodo sudah nyaman dan tahu harus ke mana harus mencari mangsa. Mereka juga hafal bentang alam tempat mereka lahir. Melakukan eksplorasi yang jauh juga membawa resiko besar.

Jika misalnya seekor komodo terdampar di sebuah pulau sendirian, maka ia tidak akan bisa bereproduksi melanjutkan keturunannya.

Jadi pada dasarnya, alasan mengapa komodo hanya ada di Indonesia karena mereka sendiri yang memilih untuk tinggal di pulau-pulau Sunda Kecil.

Komodo punya kemampuan untuk bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain, tapi mereka sudah terlanjur nyaman dan betah di rumah tempat mereka dilahirkan.


Itulah informasi mengenai ini dia alasan mengapa komodo dikatakan hewan langka dan hanya ada di indonesia. Semoga Informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!.

Baca Juga : Ada Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Durian Secukupnya

Sumber : Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.