Generasi Muda Di Perlukan Dalam Memajukan Pertanian Di Indonesia

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai generasi muda di perlukan dalam memajukan pertanian di indonesia.

Pertanian

Pertanian Indonesia

pixabay.com

Baca Juga : Ada Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Durian Secukupnya

Indonesia dikenal dengan potensi sumber daya alam yang luar biasa.

Hal ini dibuktikan dengan tingginya keanekaragaman hayati yang dimiliki, baik dilihat dari sektor pertanian, perikanan, maupun peternakan. Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris dan maritim, karena kekayaan sumber daya alamnya.

Selain itu, kondisi geografis yang strategis dan beriklim tropis menjadikan kualitas potensi alam yang lebih unggul dibandingkan dengan negara lain.

Potensi ini harus bisa termanfaatkan secara optimal untuk menjadikan Indonesia maju, terutama dari sektor yang dekat dengan sumber daya alam, yaitu pertanian.

Pertanian di indonesia dapat dikatakan sebagai roda penggerak perekonomian nasional. Selain menghasilkan bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pertanian juga sedang menjadi prioritas untuk ditingkatkan produktivitasnya.

Saat ini sektor pertanian Indonesia dari sisi produksi merupakan sektor kedua paling berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, setelah industri pengolahan.

Posisi sektor pertanian masih di atas sektor lainnya, seperti perdagangan maupun konstruksi. Pada triwulan II 2017 sektor pertanian terus memberi kontribusi positif untuk perekonomian Indonesia.

Peran Anak Muda

pixabay.com

Baca Juga : Berikut Kendala Petani Saat Pemasaran Hasil Produksi

Dengan potensi yang dimiliki dan upaya serta strategi yang terus dibangun oleh pemerintah, pertanian Indonesia akan maju.

Namun, tentunya dengan saling bekerjasamanya secara kontinyu semua aspek yang berhubungan, mulai dari petani sampai dengan pembuat kebijakan itu sendiri.

Selain itu, dengan melihat prestasi sektor pertanian tahun ini dalam suksesnya swasembada beras menunjukkan perkembangan pertanian yang maju.

Peran Generasi Muda Dalam Pembangunan Pertanian sangatlah penting untuk meningkatkan pertanian di Indonesia.

Telah kita ketahui bahwa pertanian di Indonesia saat ini sedang mengalami penuaan ,oleh karena itu mari kita terus dorong anak muda bagaimana agar tertarik dengan sektor pertanian .

Anak muda harus ada motivasi pada sektor pembangunan pertanian ,supaya anak muda bisa menjadi motor penggerak pertanian di Indonesia.

Ada beberapa peran yang harus diambil oleh pemuda antara lain

1. Mengambil peran besar dalam proses pembuatan kebijakan sektor pertanian

Pada fase inilah, para pemuda dapat mengeluarkan gagasan-gagasan cemerlangnya guna kemajuan petani dan pertanian Indonesia.

Diharapkan para pemuda memiliki pengetahuan yang mendalam dan punya data-data empirik, tentunya akan sangat bermanfaat bagi pembuatan kebijakan di sektor pertanian.

2. Melakukan pengawasan terhadap program-program pertanian

Satu hal yang juga mendesak adalah bagaimana agar program yang telah disusun dapat di terima sesuai dengan sasaran dan target yang telah ditetapkan.

Disinilah peran pemuda dapat diberikan untuk memperbaiki lemahnya sistem pengawasan tersebut.

3. Melakukan pencerdasan, pendampingan, dan upaya pemberdayaan petani

Pemuda pada dasarnya adalah bagian dari masyarakat.Keberadaan pemuda di tengah masyarakat setidaknya dapat memberikan peluang pemberdayaan bagi masyarakat yang rata- rata berpendidikan rendah.

Salah satu hal yang dapat diberikan dalam konteks pencerdasan, pendampingan, dan pemberdayaan petani adalah dengan turut serta membangun kelembagaan petani.

4. Memberikan advokasi-advokasi pertanian

Ketidakberdayaan petani menghadapi sistem yang tidak menguntungkan perlu mendapat pendampingan dari para pemuda. Dengan adanya sistem ijon, rentenir, pedagang dapat dijadikan wahana para pemuda untuk memberikan kontribusinya.

5. Menjadi SDM pembangunan pertanian

Saat ini banyak pemuda Indonesia yang memiliki cita-cita berkiprah diluar sektor pertanian. Tentunya, hal tersebut adalah hal yang wajar dan sah-sah saja.

Namun demikian, setidaknya masih diperlukan para pemuda yang memiliki komitmen untuk terjun membangun sektor pertanian.


Itulah informasi mengenai generasi muda di perlukan dalam memajukan pertanian di indonesia. Semoga Informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!.

Baca Juga : Adakah Keuntungan Dari Budidaya Buah Pala ?

Sumber : Kompas.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.