Sistem Pertanian Yang Bisa Di Terapkan Di Indonesia

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai sistem pertanian yang bisa di terapkan di indonesia.

Petanian

Pertanian Di Indonesia

pixabay.com

Baca Juga : Beberapa Dampak Pemupukan Yang Berlebihan Terhadap Tanah

Indonesia dikenal dengan potensi sumber daya alam yang luar biasa.

Hal ini dibuktikan dengan tingginya keanekaragaman hayati yang dimiliki, baik dilihat dari sektor pertanian, perikanan, maupun peternakan. Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris dan maritim, karena kekayaan sumber daya alamnya.

Selain itu, kondisi geografis yang strategis dan beriklim tropis menjadikan kualitas potensi alam yang lebih unggul dibandingkan dengan negara lain.

Potensi ini harus bisa termanfaatkan secara optimal untuk menjadikan Indonesia maju, terutama dari sektor yang dekat dengan sumber daya alam, yaitu pertanian.

Pertanian Modern Yang Bisa Di Terapkan

pixabay.com

Baca Juga : Beberapa Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh

Saat ini dapat dibagi menjadi tiga hal, yakni penelitian benih unggul, penggunaan teknologi yang canggih, dan penggunaan bahan kimia.

Sementara itu, contoh penerapan pertanian modern yang perlu dikembangkan di Indonesia adalah pertanian organik terintegrasi.

Pertanian yang menggunakan sistem budidaya pertanian ini hanya mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia sintetis yang berbahaya. Pertanian ini akan terintegrasi dengan peternakan.

Pupuk yang digunakan merupakan pupuk organik yang dihasilkan dari limbah peternakan. Sementara itu, dauun-daun dari pertanian pascapanen digunakan untuk pakan ternak.

Tentu saja, semua itu diolah menggunakan teknologi pertanian yang modern namun mudah.

Pertanian hidroponik

Pertanian hidroponik adalah pertanian yang menggunakan cara budidaya dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Biasanya air yang digunakan sudah dicampur dengan nutrisi untuk tanaman, cara ini sangat mudah dan tidak perlu memakan lahan yang luas.

Pertanian hortikultura

Pertanian ini membudidayakan tanaman kebun denganberbagai jenis tanaman pangan yang dibudidayakan.

Dalam bidang kerja hortikultura meliputi pembenihan, penumbuhan bibit, kultur jaringan, memproduksi tanaman, penanganan hama dan penyakit, panen hasil, pengepakan produk panen, dan pendistribusian.


Itulah informasi mengenai sistem pertanian yang bisa di terapkan di indonesia.. Semoga Informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!.

Baca Juga : Ada Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Durian Secukupnya

Sumber : Kompas.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.