Adakah Keuntungan Dari Budidaya Buah Pala ?

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai keuntungan budidaya buah pala saat ini.

Buah Pala

Morfologi Pala

pixabay.com

Baca Juga : Dampak Yang ditimbulkan dari Pemupukan Yang Berlebihan Terhadap Tanah

Pala adalah tanaman yang sudah mendunia sejak jaman dulu karena nilai jual dan permintaannya tinggi. Biasanya yang menjadi incaran dari tanaman pala ini adalah biji dan daging buahnya.

Biji pala yang sudah dikeringkan dapat menjadi bahan yang penting untuk membuat sebuah makanan yaitu dengan cara menggerus biji pala tersebut sehingga menjadi bubuk.

Salah satu hal yang paling spesial pada pala adalah minyak atsiri yang terkandung didalam buahnya.

Olahan dari tanaman pala selain menjadi bubuk untuk masakan, terdapat beberapa produk lain yang sudah dihasilkan seperti sirup, keripik, bahkan minyak gosok yang berbahan pala.

Daerah penghasil pala dari jaman dahulu adalah Maluku dan Maluku Utara, dimana tanaman tropis yang dikenal dengan nama pala ini dapat tumbuh sumbur didaerah tersebut.

Meraup Untung Dari Buah Pala

pixabay,com

Baca Juga : Ada Beberapa Manfaat Buah Bit Bagi Tubuh

Budidaya tanaman pala nampaknya menjadi komoditas yang menjanjikan bagi petani karena nilai ekonomisnya yang cukup tinggi.

Seperti penuturan Sugiya, warga Desa Bogorejo, Gedungtataan, Kabupaten Pesawaran, mengatakan, membudidayakan komoditas pala sangat menjanjikan.

Hampir seluruh tanaman pala tersebut dapat dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Untuk lahan satu hektare dapat ditanami 121 atau 144 batang tanaman pala, dan setiap satu pohon pala yang berumur 10-15 tahun bisa sekali petik kurang lebih 100 kg buah pala

Berdasarkan data, harga satu kilogram buah pala (kurang lebih 20 buah) harganya Rp1.700, buah pala muda kering Rp38.000/kg, sedangkan fulinya mencapai Rp65.000/kg.

Sementara buah pala muda, daun, yang disuling menjadi minyak pala harganya mencapai Rp500.000/liter.

Berdasarkan data, harga satu kilogram buah pala (kurang lebih 20 buah) harganya Rp1.700, buah pala muda kering Rp38.000/kg, sedangkan fulinya mencapai Rp65.000/kg.

Sementara buah pala muda, daun, yang disuling menjadi minyak pala harganya mencapai Rp500.000/liter.

Sementara itu data luas lahan perkebunan pala di daerah itu seluas 44,5 hektare dengan produksi sebesar 9,4 ton dan kemampuan produktivitas pertahunnya mencapai 211,24 kilogram/hektare.


Itulah informasi mengenai keuntungan budidaya buah pala saat ini.. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!.

Baca Juga : Manfaat Mengkonsumsi Cabai Secukupnya Bagi Tubuh

Sumber : Kompas.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.