Ini Dia Cara Hemat Membuat Pakan Ayam Bangkok

Mau tau informasi mengenai cara hemat buat pakan ayam bangkok? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasinya. Simak ulasannya!

Pakan Ayam Bangkok

Ayam bangkok merupakan salah satu tipe ayam petarung (aduan). Jenis ayam petarung ini diketahui memiliki beberapa perbedaan dan keunggulan dari jenis ayam lain.

Sehingga banyak masyarakat Indonesia berlomba-lomba ingin memelihara ayam bangkok. Tak hanya sebagai ayam aduan, ayam jenis ini juga dapat dijadikan peluang usaha  karena memiliki nilai jual yang tinggi.

Bagi peternak, kita harus mengetahui cara yang tepat untuk membuat racikan pakan.

Terkadang kita membeli pakan ayam bangkok dengan harga yang mahal dan tentu itu menjadi salah satu permasalahan yang sering dikeluhkan banyak peternak.

Supaya kita tidak rugi dan tetap bisa memelihara ayam kesayangan, maka kita harus mencari alternatif pakan ayam bangkok lain dengan meraciknya sendiri.

Bukan hanya untuk menghemat biaya, tapi agar ayam bangkok dapat  tercukupi nutrisi dan gizinya. Di samping itu, pemberian pakan juga harus sesuai dengan usia masing-masing ayam.

Seperti ayam yang baru menetas dengan ayam usia dewasa, ramun pakan haruslah disesuaikan. Jadi, bagaimana cara hemat membuat pakan ayam bangkok? Simak penjelasan di bawah ini.

pakan ayam bangkok
kedaiborong.com

Baca juga: 5 Langkah Membuat Persemaian Tanaman Kencur dengan Pupuk Kandang Ayam

Ayam Bangkok Usia 0-3 Bulan

Voer atau konsentrat merupakan makanan yang sering diberi untuk ayam yang baru menetas.

Konsentrat merupakan bahan pakan yang digunakan bersama bahan pakan lain demi menambah keseimbangan gizi dari semua makanan .

Dan dimaksudkan untuk disatukan dan dicampur sebagai pakan pelengkap untuk ayam yang baru menetas.

Namun bila ayam sudah berumur satu bulan, peternak ayam bangkok bisa mencampur konsentrat dengan bahan lain seperti nasi putih, ampas tahu, atau dedak.

Proses Racikan Pakan :

Konsentrat diberi sedikit air dengan dengan campuran nasi putih. Sebelum memberi ayam, tunggu hingga tekstur nasi putih lembut dan mengembang.

Untuk menghemat pengeluaran, anda juga bisa mencampurnya dengan ampas tahu ataupun dedak dengan cara pencampuran yang sama.

Ayam Bangkok Lancuran dan Indukan

Memasuki umur 4 bulan hingga dewasa, nutrisi dan asupan gizi harus semakin diperhatikan agar pertumbuhan ayam semakin sehat. Biasanya ayam seperti ini disebut ayam lancuran.

Proses Racikan Pakan:

Terdapat dua jenis racikan pakan yang bisa digunakan untuk ayam pada usia 4 bulan. Yang pertama, tidak jauh berbeda dengan racikan pakan untuk ayam usia 0-3 bulan.

Cara ini juga jauh lebih hemat dan sehat, sehinga dapat menambah nutrisi bagi ayam bangkok. Perbedaannya bahan konsentrat ditukar dengan jagung, yang kemudian dicampur dengan dedak, gabah, juga nasi.

Cara yang kedua adalah dengan membuat pakan olahan dengan memasak jagung atau nasi putih yang dicampur dengan bahan seperti sayuran, ubi, atau tepung ikan.

pakan ayam bangkok
budidayaternak.com

Baca juga: Ternak Ayam Diserang Hama Gurem? Ini Dia 5 Cara Membasminya

Ayam Bangkok Dewasa

Berbeda dari usia sebelumnya, ayam yang memasuki usia 7 bulan ke atas disarankan diberi pakan berupa gabah dan beras merah.

Atau untuk alterntif lain, racikan yang digunakan pada lancuran tadi dapat juga menjadi pilihan.

Proses racikan pakan:

Ayam bangkok dewasa juga dapat diberi racikan pada lancuran. Perbedaannya, usahakan memberi racikan ayam lancuran setengah porsi.

Berikan pakan campuran pada saat pagi dan untuk campuran beras merah atau gabah dapat diberikan pada sore hari.

Pemberian pakan ayam bangkok juga harus diberikan secara teratur. Jika pemberian pakan dilakukan teratur, maka perkembangan ayam bangkok juga akan menjadi baik.

Racikan alami yang dijelaskan tadi sudah tentu memiliki kandungan nutrisi yang baik sehingga akan membuat ayam bangkok anda menjadi sehat.

Bahan-bahan yang dijelaskan juga merupakan bahan yang mudah didapatkan dan juga murah, sehingga tidak akan menguras dompet peternak ayam bangkok. Apalagi jika Anda memiliki jumlah ayam bangkok yang banyak.


Itulah informasi mengenai cara pembuatan pakan ayam bangkok dengan mudah. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Membuat Jamu Herbal Sebagai Pakan Tambahan Ayam Aduan

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.