hama gurem

Bagi kamu yang memiliki ternak ayam agar tidak terserang hama gurem, lakukan 5 cara ini untuk membasminya. PTD akan mengulasnya di artikel pertanian kali ini.

Bertenak ayam tentu tidak selamanya berjalan mulus. Salah satu kendala yang sering dialami oleh petani ayam adalah kemunculan hama penyakit.

Gurem sendiri merupakan salah satu jenis kutu yang sering menyerang ayam. Kutu ini biasanya menyerang ayam dengan cara menghisap darah dari tubuhnya.

Tidak hanya pada ayam, hama yang satu ini juga biasanya menyerang berbagai jenis unggas lain seperti burung, bebek, atau entok. Beberapa gejala yang ditimbulkan dari serangan kutu ini yaitu ayam merasa gatal di seluruh tubuhnya.

Jika dibiarkan hal ini tentu akan berbahaya karena akan membuat produksi telur dan daging menurun karena ayam mengalami anemi dan tidak nafsu makan.

Tips Membasmi Hama Gurem yang Ampuh

Hama ini biasanya sering menyerang ayam yang sedang mengerami telurnya. Walaupun begitu jika sudah berkembang pesat, serangga ini juga dapat menular ke ayam-ayam yang lain.

Oleh karena itu, untuk menghindari serangan yang semakin parah, beberapa tindakan pembasmian perlu dilakukan. Jika Anda masih kesulitan membasmi hama yang satu ini, berikut beberapa tips yang dapat kamu coba:

Baca Juga: Cara Mengendalikan Hama Lalat Buah yang Ramah Lingkungan

Oleskan Oli Bekas ke Seluruh Bagian Kandang

Apakah Anda mempunyai oli bekas dirumah? Sebaiknya jangan dibuang. Oli bekas sendiri ternyata sangat ampuh digunakan untuk mengatasi jenis hama ini.

Untuk mencegah serangan gurem, Anda bisa mengolesi seluruh bagian dinding dan sekeliling kandang dengan oli ini.

Jangan lupa juga untuk mengolesi bagian tiang penyangga kandang dan merendam bagian dasar tiang dengan menggunakan oli bekas. Bau yang dihasilkan oleh oli bekas akan membuat hama ini menjauh dan enggan datang ke kandang ayam.

Cara Membasmi Gurem
carabuas.xyz

Taburkan Rajangan Daun Sirih ke Seluruh Bagian Kandang

Salah satu jenis bahan alam yang tidak disukai oleh hama ini adalah sirih. Oleh karena itu, menggunakan sirih untuk mengatasi hama kutu ini tentu sangat ampuh.

Untuk membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu mencari daun sirih dengan jumlah yang cukup banyak. Setelah itu rajang daun hingga menjadi bagian yang lebih kecil.

Setelah selesai dirajang, Anda bisa menaburkan potongan daun sirih tadi ke seluruh bagian kandang.

Aroma yang dihasilkan oleh daun sirih sangat tidak disukai hama ini, sehingga menaburkan daun sirih ke sekitar kandang akan membuat gurem pergi menjauh dan enggan menyerang ayam.

daun sirih
kanal247.com

Baca Juga: 3 Cara Mengendalikan Hama Penghisap Buah Kakao

Gunakan Air Tembakau

Sebagai pengganti pestisida kimia, tembakau memang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai serangan hama penyakit salah satunya gurem.

Hal ini dikarenakan adanya zat nikotin yang ada pada daun tembakau yang sangat bermanfaat untuk membasmi hama. Cara membuat air tembakau ini cukup mudah.

Anda hanya perlu merendam sekitar 3 ons tembakau kedalam air hangat sebanyak 500cc-1 liter lalu diamkan larutan semalaman.

Setelah itu, Anda bisa langsung menyemprotkan larutan tembakau ke seluruh bagian kandang beserta ayamnya. Agar tidak terpapar racun nikotin, jangan lupa untuk menggunakan masker dan sarung tangan.

Semprotkan Larutan Cuka dan Air Jeruk Nipis Ke Ayam yang Terinfeksi

Sifat asam yang dimiliki oleh cuka dan juga air jeruk nipis ternyata sangat ampuh digunakan untuk membasmi kutu ayam yang satu ini. Pengaplikasiannya juga cukup mudah. Anda tinggal mencampurkan cuka dengan air jeruk nipis.

Setelah larutan tercampur masukkan kedalam botol semprot. Semprotkan larutan tadi ke induk ayam yang terjangkit hama. Untuk mencegah serangan datang lagi, Anda juga bisa menyemprotkan seluruh bagian kandang ayam.

Gunakan Larutan Daun Bengle dan Rimpang

Hampir sama seperti tembakau, daun bengle dan juga rimpang memiliki khasiat yang tak kalah bagusnya untuk membasmi kutu ayam ini. Cara membuat larutannya cukup gampang.

Parut rimpanng lalu rendam kedalam air hangat bersama dengan daun bengle. Diamkan semalaman lalu semprotkan ke seluruh bagian kandang beserta ayamnya.


Itulah tadi beberapa tips yang bisa digunakan untuk membasmi gurem, Walaupun terbuat dari bahan alami, namun bahan-bahan ini sangat cocok digunakan karena baunya yang khas dan sangat tidak disukai oleh kutu ayam yang satu ini.

Selain itu, menggunakan bahan alami juga jauh lebih aman dibandingkan dengan menggunakan pestisida kimia yang bisa membahayakan ayam itu sendiri. Tertarik untuk membuatnya?

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Kenali Hama Wereng Batang Coklat pada Padi dan Cara Mengatasinya

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-mengatasi-hama-gurem-pada-ayam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.