Ayo Generasi Muda, Jangan Malu Jadi Petani!

Pemuda Tani Indonesia menggelar sebuah kegiatan Jambore Nasional 2019 yang diadakan di Gunung Geulis Camp Area Bogor pada tanggal 28-29 Agustus 2019 lalu. Acara Jambore Nasional ini dihadiri oleh peserta dari Pengurus Daerah Pemuda Tani dan Mahasiswa Pertanian dari berbagai daerah di Indonesia.

Fadli Zon selaku Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menyampaikan bahwa regenerasi petani merupakan perhatian penting bagi HKTI dan Pemuda Tani di Indonesia.

Baca Juga : Hai Generasi Muda, Berani Jadi Petani?

“Kita ingin mendorong pemuda agar tidak malu menjadi petani, seperti yang dilakukan oleh anak muda Korea Selatan berani mengambil inovasi dan berlomba-lomba menjadi petani dengan penghasilan ratusan ribu dolar per bulan,” ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (31/8/2019).

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa Korea Selatan telah beralih menjadi memanfaatkan Smart Farming dan sedang menuju digital farming.

Kegiatan Jambore Nasional oleh Pemuda Tani Indonesia 2019
Foto : Kegiatan Jambore Nasional 2019 oleh Pemuda Tani Indonesia (sumber : Sindonews)

“Langkah-langkah ini yang harus kita contoh dan diinovasikan untuk mengembalikan swasembada pangan dan kesejahteraan petani Indonesia,” kata dia.

Sementara itu, Sandiaga Uno selaku pembicara dalam kegiatan tersebut menyampaikan tantangan pertanian ke depan adalah perubahan iklim ekstrim. Sehingga anak muda harus berani mengabil peran inovasi untuk menyelamatkan pertanian dan mewujudkan swasembada pangan.

Baca Juga : Belajar dari Kiyoto Saito, Sang Petani Muda Jepang yang Modis

“Harapan saya petani muda dapat tumbuh menggantikan generasi tua. Kita hilangkan mitos bahwa petani itu tua dan miskin, kita harus ciptakan keadaan bahwa menjadi petani itu keren tutupnya.

Ia berharap bahwa kegiatan Jambore Nasional 2019 ini dapat menjadi penggerak para calon petani muda untuk mulai berani menjadi Agent of change, Agent of Development dan Agent of Modernization dimulai dari tingkat pedesaan.


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.