Kebangkitan Sektor Pertanian Dengan Cara Modern

Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai kebangkitan sektor  pertanian dalam momentum HUT RI ke-75.

Sektor Pertanian

Kementerian Pertanian ingin mengajak semua pihak bekerja sama dalam membangun pertanian dengan cara modern dan korporasi. Hal ini sejalan dengan hari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Kemerdekaan RI (HUT Ke-75 RI).

Sehingga sektor pertanian bisa menjadi garda terdepan pertahanan negara dalam menghadapi tantangan apapun.

Saat ini sektor pertanian tengah menghadapi tantangan besar yakni pandemi covid 19 yang melanda semua dimensi kehidupan di Tanah Air bahkan dunia adalah satu-satu sektor penyelamat perekonomian nasional.

Starategi Korporasi

pertanian
nusantaranews.com

Baca juga: Pengembangan Inovasi Tanaman Jeruk Saat Pandemi

Merujuk data BPS, pada kuartal II 2020 sektor pertanian menjadi penyumbang tertinggi pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia dengan pencapaian 16,24 persen (q to q).

Padahal, pandemi Covid-19 belum juga usai dan sejumlah sektor lain pun masih cenderung terpuruk di tengah pertumbuhan ekonomi Indonesia turun sampai 4,19 persen (q to q) dan 5,32 persen (y-o-y).

Disaat masa kritis seperti ini pertanian masih berproduksi karena pertumbuhan kinerja sektor pertanian adalah musim tanam yang sukses berproduksi, meski Covid-19 masih mewabah.

Penguatan sektor pertanian salah satunya ditopang oleh program strategis yang mentransformasi model pengelolaan yang sendiri-sendiri atau tak berkorporasi menjadi korporasi.

Kementerian Pertanian telah menjalankan Program Pengembangan Korporasi Tanam Pangan (Propaktani) sejak tahun 2019.

Program ini dijalankan dengan membentuk Komando Strategis Penggiling (Kostraling) dan Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T).

Saat ini pemerintah tengah membangun korporasi pertanian dengan model food estate untuk memperkuat cadangan pangan nasional.

Bukan hanya di hulu tapi juga bergerak di hilir dan dibangun melibatkan sinergitas pemerintah dengan swasta dan masyarakat.

Untuk tanaman pangan, mulai 2019 telah dijalankan Program Propaktani (Program Pengembangan Korporasi Tanaman Pangan) dengan membentuk Komando Strategis Penggiling (Kostraling) dan Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T).

Pemerintah tidak hanya memberikan bantuan prasarana dan sarana produksi, tapi juga fasilitas permodalan dana KUR.

Sinergi Pertanian

pertanian
nusantara.com

Baca juga: Memilih Belanja Atau Menyimpan Uang Saat Pandemi ?

Untuk kelanjutannya diperlukan sinergi program Propaktani dengan pembiayaan, investasi dan ekspor.

Kawasan dan klaster memanfaatkan lokasi yang telah ada, ditata dan dioptimalkan, sumber pendanaan dari swadaya, KUR dan pembiayaan lainnya.

Jadi apabila pangan kuat, maka pertahanan negara pun menjadi semakin tangguh.

Bertepatan dengan Perayaan Kemerdekaan Ke 75 ini, sudah saatnya semua elemen bahu membahu membangun pertanian dengan cara-cara modern dan korporasi sehingga pertanian kuat dalam tantangan apapun.


Itulah informasi mengenai kebangkitan sektor pertanian saat memperingati HUT RI ke-75. Semoga informasi yang diberikan bermnafaat ya sobat PTD!

Baca juga: Peluang Beriklan Secara Virtual Untuk Para UKM

Sumber: Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.