ekspor

Berikut Informasi dari Pak Tani Digital mengenai peluang usaha untuk beriklan secara virtual.

Peluang Untuk Para UKM

Beriklan Secara Virtual

ekspor
pxhere.com

Baca juga: Peningkatan PDB Sektor Petanian Dinilai Faktor Musiman

Perdagangan internasional adalah suatu kegiatan transaksi atau tukar-menukar barang dan jasa antarnegara melalui kegiatan ekspor dan impor yang sangat berpengaruh besar terhadap suatu negara

Di banyak negara, perdagangan Internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP (Gross Domestic Product).

Meskipun perdagangan Internasional telah terjadi selama ribuan tahun, dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan.

Kegiatan ekspor pun terus di genjot agar mengalami peningkatan imbas terkena pandemi Covid-19 beberapa bulan terakhir.

Disaat pertumbuhan ekonomi sedang merosot turun Mentri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto dalam kunjungannya ke PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) memaparkan sejumlah langkah strategis untuk meningkatkan ekspor nasional.

Salah satunya dengan memberi ruang pada pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar bisa mempromosikan produknya secara virtual.

Untuk mewujudkannya, Mendag ingin mempermudah proses izin ekspor dan mempermudah proses izin impor untuk bahan baku penopang ekspor.

Dengan begitu dapat mensubstitusi kekosongan bahan baku untuk produk yang bisa diekspor. Dia pun menyatakan bakal sangat selektif terhadap izin impor tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyambangi PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) dan Indosiar Grup di SCTV Tower.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri jajaran tinggi Kementrian Perdagangan, yang dipimpin langsung Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto dan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

Dalam pertemuan tersebut, Kemendag berharap peran media dan grup besar seperti Emtek dan Indosiar menyampaikan berita positif kepada publik selama wabah pandemi Covid-19.

Strategi Perdagangan

ekspor
pxhere.com

Baca juga: Keluh Kesah Petani Saat Pandemi Terjadi di Indonesia

Saat ini terdapat tiga strategi utama dalam fokus perdagangan saat ini, yaitu produk yang positif selama pandemi, produk baru muncul akibat pandemi, dan produk yang pulih pasca pandemi.

Pemerintah diharapkannya juga mampu menjaga stabilitas harga pangan. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan membuka keran impor dan operasi pasar bersama dengan Satgas Pangan.

Selain itu, Kementrian Perdagangan juga mendorong pelaku usaha untuk menggunakan teknologi. Termasuk memakai platform e-commerce dalam melakukan usaha selama masa pandemi.

Dengan harapan agar daya beli masyarakat terus meningkat seingga pertumbuhan ekonomi segera normal kembali.


Itulah informasi mengenai beriklan secara virtual yang akan diterapkan oleh Kemendag. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Ekspor Produk Pertanian Masih Positif Ditengah Pandemi

Sumber: Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.