Mesin Otomatis Penjual Sayur dan Buah

Siapa yang masih memakai metode berjualan sayur dan buah pakai tenaga manusia? Pasti masih banyak dong ya? Namun berbeda dengan para petani di Jepang. Mereka justru menggunakan mesin otomatis penjual sayur dan buah untuk membantu para petani di Nerima, Jepang loh sobat PTD!

Bermodalkan mesin dengan loker kaca yang disediakan, kini para pembeli dapat membeli sayur dan buah lebih gampang. Cukup masukkan koin sesuai angka yang tertera, pilih sayur atau buah yang diinginkan!

Baca Juga : Pentingnya Pembukuan Akuntansi untuk Petani

Seperti yang kita tahu bahwa Jepang memiliki banyak teknologi untuk membantu dalam bidang penjualan dan jasa. Uniknya para petani yang kekurangan buruh di pertanian, membuat mereka berinovasi untuk menjalankan bisnis mereka.

Mesin Otomatis, Berawal Dari Kekurangan Pekerja

Dilansir dari Asia One (24/11), para petani yang ada di wilayah Nerima, Jepang, punya cara cerdas untuk menjual hasil panen mereka, dari sayuran hingga buah-buahan. Mereka membangun loker kaca, dengan tempelan harga di sana.

Mereka yang ingin membelinya cukup memasukkan uang koin kedalam mesin untuk bisa membuka lokernya. Setelah itu baru bisa membawa pulang sayurannya disana.

Uniknya, inovasi ini ternyata lebih praktis dan efektif. Para petani di Nerima pun tidak perlu repot lagi menjajakan dagangannya di pasar. Kurangnya jumlah pekerja dan buruh membuat para petani ini tidak mampu lagi membuka toko untuk berdagang.

Mesin otomatis penjual sayur dan buah
Mesin otomatis penjual sayur dan buah petani yang berada di Nerima, Jepang sudah beroperasi

Mesin Otomatis Merupakan Pengembangan Metode ‘Belanja Jujur’

Miki selaku petani di Nerima mengatakan bahwa sebelum metode mesin diberlakukan, mereka menerapkan sistem ‘Belanja Jujur’. Sistem ini mengandalkan kejujuran dari setiap pelanggan.

Namun sistem tersebut dinilai masih tidak efektif karena para pembeli kerap kali tidak membayar sesuai harga yang tertera.

Baca Juga : Banker Pintar Petani Jamur Gagal Panen Oleh Mahasiswa UMY

Selain itu biaya penyewaan gerai yang kian mahal membuat petani semakin memutar otak untuk mengakalinya. Sehingga diciptakanlah mesin otomatis untuk membantu petani menjual sayur dan buah mereka.

Dengan kehadiran loker koin ini, para petani merasa senang karena mereka bisa memotong biaya sewa gerai, hingga gaji pekerja untuk menjaga gerai sayuran mereka. Dengan rendahnya biaya operasi, membuat penghasilan para petani ini sedikit bertambah.

Saat ini sudah ada sekitar 60% petani dari 438 perkebunan yang ada di wilayah Nerima yang sudah menerapkan sistem ini.


Nah itu dia sedikit ulasan artikel pertanian tentang Mesin Otomatis Penjual Sayur dan Buah Petani di Jepang. Bagaimana menurut kamu sobat PTD? Kepikiran untuk melakukan hal sama?

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.