Berikut informasi dari Pak Tani Digital mengenai inovasi tanaman hias yang berpotensi di ekpsor.

Bunga Hias

Inovasi Bunga Hias Untuk Di Ekspor

pexel.com

Baca juga: Mengenal Tanaman Hias Yang Sedang Hits Saat Pandemi

Komoditas tanaman hias semakin menunjukkan eksistensinya hingga mencapai pasar mancanegara.

Hal ini ditunjukkan dari permintaan pasar luar negeri terbilang rutin setiap tahunnya namun sangat disayangkan, produsen tanaman di dalam negeri belum mampu memenuhi permintaan tersebut.

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) terus mencari jalan terbaik

Untuk terus mendorong inovasi teknologi tanaman hias guna mendongkrak kualitas dan volume ekspor sekaligus menambah devisa negara.

Tidak hanya itu, Kementan berbagai varietas unggul tanaman hias yang dihasilkan melalui penelitian juga akan memberi dampak luas serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Terobosan dengan melakukan ekspose inovasi tanaman hias yang memiliki potensi tinggi dapat tumbuh di alam Indonesia, baik dataran tinggi maupun rendah.

Saat ini, Indonesia memiliki berbagai varietas khas tanaman hias yang sangat dibutuhkan bahkan diminati hampir seluruh negara di dunia seperti Jepang, Asia, Saudi Arabia, Arab, Inggris, Eropa maupun di Negara Amerika.

Di antara tanaman hortikultura yang dikembangkan secara komersial di Indonesia, tanaman florikultura memiliki potensi ekspor yang sangat tinggi.

Pada saat ini preferensi pasar internasional mulai berubah ke arah tanaman hias tropis guna untuk pengembangan ekspor sementara kita tata makin kuat dan makin produktif.

Peluang Ekspor

liputan6.com

Baca juga: Tips Merawat Tanaman Hias Agar Tumbuh Dengan Baik

Dengan begitu akan membuka peluang untuk pengusaha dalam negri dengan kualitas yang memiliki pengembangan tanaman hias tropis di Indonesia dan kekayaan genetik florikultura yang terbesar di dunia

Untuk kedepannya akan dilakukan sebuah langkah yang lebih besar dalam menghadirkan berbagai aktivitas komoditi pertanian yang makin terarah, makin maju dengan berbagai hasil riset, kemudian makin modern.

Langkah ini tentunya merupakan bagian-bagian dari upaya-upaya untuk memandirikan masyarakat sehingga bisa bertumbuh dengan baik di seluruh Indonesia.

Melalui ekspose inovasi tanaman hias ini para stakeholder dapat berkomunikasi yang ditindaklanjuti dengan inisiasi kerjasama di bidang pengembangan inovasi, termasuk komersialisasi teknologi.


Itulah informasi mengenai inovasi tanaman hias berpeluang ekspor. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Tips Bisnis Tanaman Hias Skala Rumahan Bantu Keadaan Ekonomi

Sumber: Liputan6.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.