Kesepakatan Dalam Budidaya Kakap Putih di Batam

Mau tau informasi budidaya kakap putih di Batam? Berikyt Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Budidaya Kakap Putih

Potensi Batam Dalam Budidaya Kakap Putih

budidaya kakap putih
samudraindonesia.com

Baca juga: Tahap Mudah Budidaya Ikan Gabus Bagi Pemula

Kabupaten Meranti merupakan wilayah kepulaun yang memiliki potensi pengembangan bududaya laut yang besar, salah satunya komoditas unggulannya adalah kakap putih.

Kementerian Kelautan dan Perikanan menunjuk Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batam sebagai broodstock center Kakap Putih untuk mendukung pengembangan budidaya laut di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Hal ini sebagaimana terdapat dalam nota kesepakatan bersama antara Ditjen Perikanan Budidaya, Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Daerah Kabupaten Meranti.

Broodstock center tersebut merupakan salah satu upaya dalam mengembangkan sistem logistik benih ikan ini sehingga induk dan benih unggul yang dihasilkan mampu menjangkau sentra-sentra produksi budidaya.

KKP akan serius menggarap potensi budidaya laut nasional dan akan menjadikan kakap sebagai komoditas ekspor unggulan dalam upaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan peningkatan sumber devisa.

Kesepakatan Budidaya Kakap Putih

budidaya kakap putih
financedetik.com

Baca juga: 5 Tahap Budidaya Ikan Secara Aquaponik

Strategi untuk peningkatannya berupa dorongan sistem logistik benih yang efektif dan efisien, dapat pula menekan biaya logistik, benih-benih unggul dapat menjangkau sentra produksi secara berkelanjutan.

Dengan jaminan kuantitas, kualitas dan ketelusuran yang baik. Dengan hal ini diharapkan dapat memicu munculnya segmentasi bisnis yang akan memperluas lapangan kerja dan nilai tambah bagi masyarakat pesisir.

Kesepakatan ini bertujuan untuk menetapkan dan mengembangkan sentra kawasan budidaya kakap putih dan KKP menargetkan produksi minimal 60 ton per tahun.

Serta berencana menjalin kesepakatan yang sama untuk pengembangan sentra kawasan budidaya kakap putih di Provinsi Kepulauan Riau.

Kesiapan dalam kesepakatan ini sudah sangat baik, artinya siap dalam memenuhi suplai calon induk unggul dan benih bermutu yang telah didampingi penerapan teknologi perbenihan Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) Selat Panjang.

Pada tahun 2020 BPBL Batam telah mengalokasikan benih ukuran 0,8 cm sebanyak 1 juta ekor untuk memenuhi kebutuhan benih dalam pengembangan sentra kawasan budidaya laut di kawasan tersebut.


Itulah informasi mengenai kesepakatan budidaya ikan kakap di Batam Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Ketahui Cara Budidaya Ikan neon Tetra yang Benar

Sumber: KKPNews.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.