ikan neon tetra

Mau tau informasi mengenai budidaya ikan neon tetra? Berikut Pak tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Ikan Neon Tetra

ikan neon tetra
ikanesia.com

Baca juga: Cara Mudah Budidaya Ikan Guppy Bagi Pemula

Penggemar ikan hias makin lama jumlahnya semkain banyak dikarenakan banyak sekali jenis ikan dengan tampilan yang sangat cantik.

Temasuk salah satu ikan kecil dan tampilannya sangat cantik yaitu ikan neon tetra yang berasal dari Amerika latin ini memiliki tubih yang kecil dan dikategorikan sebagai ikan yang agresif karena gerakananya yang cukup cepat.

Walaupun tubuhnya kecil namun ikan neon tetra ini cukup terlihat mencoloh sebagai ikan hias yang menghiasi akuarium.

Memiliki warna yang beragam seperti warna hijau dan merah selain itu, memilki tubuh yang transparan serta garis berwarna biru dan merah membuat ikan ini sangat digemari sebagi ikan hias.

Dengan melihat tingginya permintaan, budidaya ikan neon tetra menjadi salah satu usaha yang bisa dkembangkan yang dimana membudidayakan ikan ini dapat mendatangkan keuntungan yang besar.

Bahkan beberapa pembudidaya ikan ini sempat mengalami kewalahan dengan pemintaan ekspor yang tinggi.

Cara Budidaya Ikan Neon Tetra

Pemilihan Induk

Pemilihan indukan terlebih dahulu mengetahui ciri-cirinya, untuk jantan mempunyai tubuh yang terlihat ramping dan panjang, garis neon terlihat lurus dan gerakannya lebih lincah.

Sedangkan yang betina tubuhnya terlihat pendek dengan gerakan yang lamban, dibagian perutnya terlihat gemuk serta garis neonnya terlihat bengkok.

Induk ditebar di dalam akuarium sebanyak 200 ekor per akuarium dengan pemeliharaan ikan neon jantan dan betina dipisahkan.

Selain tiu siapkan air yang steril dan bersih dengan memiliki keasaman sekitar kurang dari 6.4. Tempatkan kolam berada didaerah yang gelap yeng memiliki suhu antara 20 derajat celcius.

ikan neon tetra
zonaikan.com

Baca juga: Dengan 5 Tips Ini, Budidaya Ikan Cupang Menjadi Mudah

Pemijahan

Pemijahan dilakukan ditempat yang menggunakan air yang steril yang di diamkan selama 1-2 minggu.

Dengan area pengembangbiakan yang sudah disterelisasi menggunakan tawas campurkan dengan air hasil rendaman kayu asam dengan beberapa tetes dan diamkan selama 2-3 hari lamanya.

Setelah itu sepasang induk yang telah siap memijah dimasukkan ke dalam tempat.

Selama pemijahan berlangsung induk tetap boleh diberi pakan berupa jentik nyamuk. Induk akan mulai memijah pada malam hari dan berlangsung selama 3 – 4 jam. Setelah pemijahan selesai induk dapat ditempatkan di akuarium.

Perawatan Ikan Telur

Setelah telur menempel telur sebaiknya tidak terkena sinar sedikitpun karena telurnya sangat sensitif terhadap sinar karna telur bisa tidak akan menetas.

Setelah 24 jam telur akan menetas larva siberi antibiotik berupa Malachite Green Oxalate (MGO) sebanyak 0,01 mg/lt air.

Atau Methylene Blue (MB) sebanyak 1 tetes untuk 5 liter air dan jika telah berumur 3 hari larva diberi pakan alami berupa rotifera atau nauphli artemia.

Perawatan Anak Ikan

Larva dapat dipindahkan ke akuarium dengan ukuran 100 x 50 x 40 cm, jika berumur 7-10 hari. Pakan yang diberikan berupa kutu air atau cacing rambut (tubifex) dengan frekuensi pemberian pakan 2 kali dalam sehari.

Penggantian air pemeliharaan dilakukan setiap 5 – 7 hari sekali dengan cara disipon. Ikan dipelihara selama 25 hari sampai mencapai ukuran 1 cm.


Itulah informasi mengenai cara budidaya ikan neon tetra. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya sobat PTD!

Baca juga: Ingin Coba Budidaya Ikan Hias? Coba 7 Jenis Ikan Ini

Penulsi: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • http://deedzarinthebest.blogspot.com/2016/01/pedoman-budidaya-neon-tetra-secara-benar.html
  • http://penyuluhankelautanperikanan.blogspot.com/2017/10/teknik-budidaya-ikan-hias-neon-tetra.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.