Sentra Pisang Cavendish Banyuwangi Berpotensi Ekspor

Mau tau informasi mengenai sentra pisang cavendish ? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Pisang Cavendish

Sentra Pisang Cavendish

pisang cavendish
detiknews.com

Baca juga: Panduan Mudah Menanam Pisang Cavendish Bagi Pemula

Setiap daerah Indonesia sangat berpotensi untuk ekspor hasil pertanianya, dengan dilimpahi sumber daya alam yang sangat baik, Indonesia memiliki peluang besar untuk memasarkan produk pertanian hingga ke pasar ekspor.

Banyuwangi merupakan salah satu satu lokasi pengembangan kawasan hortikultura berorientasi ekspor yang dipilih Kemenko Perekonomian RI untuk mendorong peningkatan devisa negara.

Salah satu komoditas pisang ini, telah dibidik dkarena pasar komoditas ini sangat luas di berbagai negara.

Pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis yang sangat popular di dunia. Di Indonesia, pisang ini lebih dikenal dengan sebutan Pisang Ambon Putih dan banyak dikembangbiakkan menggunakan metode kultur jaringan.

Terpilihnya Banyuwangi sebagai lokasi pengembangan kawasan hortikultur karena , Banyuwangi memiliki potensi pertanian yang cukup bagus.

Begitu juga kualitas produk perkebunannya, seperti kakao dan kopi. Pengembangan ini akan memperkaya ragam buah lokal di Banyuwangi.

Sumber daya alam yang dimilikinya seperti kondisi tanah yang akan cocok untuk pengembangan pisang cavendish dengan langkah awal

Untuk mengajak petani mengoptimalkan lahan yang ada dan Kemenko akan membantu petani untuk tingkatkan produktivitasnya

Dengan cara memenuhi kebutuhan petani mulai bibit, pupuk, pendampingan penanganan pasca panen, hingga proses packaging yang standar ekspor.

Program Ekspor Pisang Cavendish

pisang cavendish
ajnn.net

Baca juga: Pemanfaatan Batang Pisang Menjadi Pupuk Ramah Lingkungan

Program ini telah menggandeng perusahaan ekportir untuk pemasaran produknya, yakni PT Great Giant Pineapple, perusahaan eksportir buah skala besar di Indonesia yang telah berpengalaman puluhan tahun.

Perusahaan ini, akan menjadi offtaker yang membeli semua produk petani. Sehingga petani tidak perlu khawatir karena sudah disiapkan buyer-nya, dijamin semua produknya pasti terserap pasar.

Dengan demikian, negara akan untung karena ekspornya meningkat, petani juga semakin sejahtera karena pendapatannya ikut terkerek.

Program ini sangat meguntungkan petani Banyuwangi karena program ini dapat membantu meningkatkan kualitas, kesejahteraan serta memberdayakan petani daerah.

Dengan pendampingan yang diberikan tim ahli akan memperkaya pengetahuan petani, apalagi standarnya sudah kualitas ekspor.


Itulah informasi mengenai sentra pisang cavendish berpotensi ekspor. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Ini Dia 5 Langkah Menanam Pohon Pisang Agar Cepat Berbuah

Sumber: Detik.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.