Melihat Potensi Pertanian Daerah dari Bandung Barat

Mau tau informasi mengenai potensi daerah di Bandung Barat? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Potensi Daerah Indonesia

Potensi Pertanian Bandung Barat

potensi daerah
radarbandung.com

Baca juga: Potensi Pertanian Sumut Ekspor Hingga Rp 79 Miliar

Sebagai salah satu negara wilayah tropis, Indonesia memiliki potensi pertanian yang sangat, bahkan Indonesia memiliki potensi pertanian yang khas dari setiap daerahnya.

Salah satu produk pertanian tropika Indonesia yang berpotensi menjadi andalan produk pertanian segar dalam bentuh sayuran dan buah-buahan serta rempah-rempah yang dimiliki.

Salah satu wilayah indonesia yang berpotensi ekonomi ada pada sektor pertanian di Kabupaten Bandung Barat cukup menjanjikan.

Yang sebgaian besar wilayahnya menghasilkan komoditi sayuran dengan kualitas yang mampu bersaing dipasaran lokal bahkan internasional.

Rencana Pembanguan Untuk Bidang Pertanian

potensi daerah
swadayaonline.com

Baca juga: Potensi Bisnis Bidang Pertanian Tahun 2020

Bupati setempat akan berencana menjadikan sektor pertanian sebagai mata pencaharian, bagi generasi milenial di Kabupaten Bandung Barat.

Terlebih, 30 persen penduduk KBB di dominasi oleh usia muda dan 25% diantaranya berpotensi menjadi seorang petani modern.

Tidak ketinggalan dalam kesempatan ini Bupati juga memberikan motivasi dan himbauan kepada generasi muda di Kabupaten Bandung Barat untuk tidak memandang sebelah mata atau gengsi menekuni profesi sebagai petani.

Karna teknologi pertanian saat ini sangat relevan dengan kondisi generasi muda yang saat ini telah akrab dengan kemajuan teknologi.

Selain itu, pemerintah juga memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan teknologi pertanian merupakan modal yang paling utama.

untuk mengembangkan sektor tersebut di Kabupaten Bandung Barat sebagi bentuk dukungan moril yang lebih bagi petani.

Oleh karena itu, pemerintah harus hadir dalam memberikan kepedulian kepada petani akan dapat memotivasi para petani agar lebih memberikan hasil pertanian yang lebih berkualitas.

Dengan adanya rencana pembangunan pengembangan infrastruktur dari Cikalong Wetan hingga Cisarua menjadi peluang bagi petani untuk memasarkan hasil produksinya tidak harimus ketempat lain.

Oleh karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan untuk mencari tempat membangun pusat perbelanjan sayuran.

Selain itu, pusat pasar dan super market sayuran asli produk Bandung Barat akan menjadi daya tarik bagi pembeli untuk datang dan mempengaruhi perekonomian masyarakat khusunya para petani.

Lebih jauh dari itu, sektor pertanian yang dikelola secara modern baik dari segi penanaman maupun pemasaran memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.


Itulah informasi mengenai potensi daerah di Bandung Barat. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Stevia Rebaudiana, Si Manis dari Paraguay yang Berpotensi Menyingkirkan Tebu

Sumber: Republika.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.