potensi bisnis

Mau tau informasi mengenai potensi bisnis bidang pertanian? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersbut. Simak ulasannya!

Potensi Bisnis Bidang Pertanian

Indonesia pada tahun 1980-an pernah mencapi puncak kejayaan dan sukses berswasembada pangan.  Sebagai negara agraris indonesia dapat memberikan keuntungan besar jika dikelola dengan baik.

Hal ini dikarenakan sektor pertanian hanya fikus pada usaha meningkatkam produktivitas lahan, pemanfaatan alat dan mesin modern dan penentuan harga komoditas padahal masih banyak peluang bisnis yang dapat dikembangkan

Kemajuan teknologi seharusnya sudah dimanfaatkan dengan baik, supaya dapat mengejar persaingan perdagangan bebas yang tanpa disadari menguasai daerah sendiri.

Banyak peluang usaha yang menarik  di bidang pertanian modern yang bisa dijadikan ladang bisnis, tidak hanya diperkotaan tapi dapat juga memajukan penduduk di perdesaan karena yang terpenting adalah menguasai ilmu dan prakteknya.

Namun, hal ini tidak memberi banyak pengaruh pada pertumbuhan ekonomi dalam negri karen profesi pertani dianggap tidak menarik dan menjanjikan masa depan yang baik bagi penerus bangsa.

Ada beberapa gagasan yang positif mengenai enterpreneurship yang melahirkan generasi wirausahaan yang memanfaatkan peluang bisnis pertanian.

Baca juga: 5 Artis Indonesia yang Menjajaki Bisnis Pertanian dan Peternakan

Jenis Potensi Bisnis Bidang Pertanian

Penulis Ilmu Pertanian

potensi bisnis
pxhere.com

Menulis bukan hanya diterapkan pada novel atau sejenis buku lainnya, namun berbagi ilmu pertanian melalui media sosial seperti artikel dan blog.

Bermodal ide kreatif dan wawasan tentang pertanian bisa diposting sehingga mendapatkan keuntungan dari tulisan tersebut. Untuk isi kontennya haruslah memberikan informasi mengenai dunia pertanian yang dapat memberikan manfaat bagi pembacanya.

Selain itu, tulisan nya berupa perkembangan dunia pertanian atau pemecahan masalah dari para petani-petani yang kesulitan menghadapi permasalahan budidayanya sangatlah diharapkan bagi pembaca.

Oleh karena itu, peluang bisnis ini tentu akan menjadi peluang besar generasi muda.

Penyedia Bibit Berkualitas dan Alat Pertanian

potensi bisnis
pixabay.com

Untuk pemula yang belum mengenal usaha ini mungkin akan terlihat susah jika belum ada pengalaman sama sekali. Tetapi dengan adanya teknologi digital dapat dengan mdah mengakses jaring pertemanan dan ilmu pengetahuan.

Berbagai sumber dapat menjadi guru untuk hal ini seperti dinas pertanian atau yang ahli dlam bidang bibit tanaman dan alat pertanian.

Jika sudah mulai menguasai ilmu nya maka dengan mudah diterapkan untuk bisnis ini, sehingga petani-petani yang membutuhkan bibit dan alat pertanian berbondong-bondong untuk membelinya.

Dengan demikian jika menyediakan kebutuhan petani maka akan membantu petani melakukan proses bertani yang lebih cepat dan praktis.

Budidaya Sayuran Organik

potensi bisnis
pxhere.com

Organik merupakn sistem penanaman secara alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia dalam budidayanya sehingga sayurnya sehat dan dapat menjaga lingkungan dan alam.

Peluang pasar sayur organik sudah semakin meningkat melihat banyaknya permintaan sayur organik yang dimana masyarakat sudah mulai peduli lingkungan serta kesehatan tubuhnya.

Dengan melihat pasar yang sangat besar,  peluang bisnis pertanian ini menajdi salah satu pilihan yang biayanya kecil namun prospek kedepannya snagat besar.

Sekarang banyak informasi yang mudah diakses untuk mendapatkan cara-cara membudidayakannya sehingga dapat pula dijual melalui online dan membangun jaringan media sosial dengan para konsumen.

Baca juga: Mau Bisnis Kopi Kamu Viral di Media Sosial? Ikuti 4 Cara Ini

Budidaya Sistem Hidroponik

potensi bisnis
pixabay.com

Sistem hidroponik menjadi pilihan pertanian untuk mengatasi kelangkaan lahan yang dimakan mengandalkan nutrisi melalui air. Selain itu, dengan sistem yang pengelolaan hasil pertanuannya dilakukan di lahan yang sempit sekalipun.

Hidroponik menciptakan atmosfit udara yang sehat karena oksigen diikat tumbuhan, sistem pertanian yang unik ini bisa meghasilkan komoditas yang cukup untuk kebutuhan keluarga.

Dengan hidroponik maka peluang bisnis bidang pertanian makin beragam dan bisa dikembangka di perkotaan maupun di pedesaan.

Tetapi kekurangannya adalah sistem hidroponik ini tidak bisa menumbuhkan segala jenis tanaman. Namun, itu tidak mengurangi keistimewaannya.

Sitem hidroponik malainkan jika ditekenuni dengan serius maka bisa menjadi peluang yang menciptakan pendapatan yang tinggi karena mudah sekali menjual hasilnya.

Biro Ekspor Impor Hasil Pertanian

ekspor hasil pertanian
infopublik.id

Mengekspor hasil pertanian merupakan impian banyak petani karena ini merupakan wujud dari kesejahteraan petani, selain itu ekspor pertanian menjadi program pemerintah yang harus lebih ditingkatkan.

Namun sayangnya, ini menjadi kendala bagi petani karena belum mampu memasarkan hasil pertanian, lagi pula permainan bisnis terkadang membuat para petani menjadi korban sehingga merugikan petani

Ditambah lagi perdagangan bebas global yang begitu ketat. Untuk itu sangat diperlukan biro untuk menjadi perantara ekspor impor sehingga petani bisa menjual hasil pertaniannya menjadi lebih tinggi dan luas.

Dengan memanfaatkan teknologi yang serba digital makan akan mempermudah untuk mengakses jejaring untuk mengekspor produk pertanian.

Apalgi pemerintah juga akan mendorong program ini sehingga petani akan lebih sejahtera dengan adanya biro ekspor impor hasil pertanian.


Itulah informasi mengenai [otensi bisnis bidang pertanian. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Tingkatkan Usaha Tani Menjadi Skala Bisnis Dengan Kostratani

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber: http://www.berdesa.com/peluang-usaha-petanian-di-desa-bisa-jadi-bisnis-masa-depan/

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.