budidaya ikan tuna

Apakah Anda tahu keuntungan serta cara budidaya ikan tuna? Di artikel pertanian kali ini PTD akan membahasnya.

Jenis ikan tuna terbilang sangat unik, karena hidupnya bergerombol ketika mencari makanan. Maka tidak heran bila ikan tuna ini memiliki kemampuan kecepatan berenang hingga 50 km per jam. Ikan ini tersebar luas hidup di daerah perairan tropis juga subtropis.

Keuntungan Budidaya Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan salah satu komoditas ikan tertinggi di sektor perikanan, maka tak heran bila jenis ikan tuna dianggap makanan mewah.

Sehingga banyak yang memilih membudidayakan ikan tuna, agar tidak lagi bingung dalam mendapatkan ikan tersebut.

Tidak ada salahnya mengeluarkan modal lebih untuk mempelajari dan melakukan budidaya ikan salmon. Berikut ini keuntungan dari membudidayakan ikan salmon.

Peluang Usaha yang Menjanjikan

Dengan membudidayakan ikan tuna makalah kebutuhan pasar akan terpenuhi. Terlebih semakin meningkatnya permintaan pasar akan ikan tuna, juga akan mendapatkan keuntungan dikarenakan nilai ekonomis nya yang sangat tinggi.

Baca Juga: Apa Saja Peluang Budidaya Ikan di Pasaran?

Modal Usaha 

Untuk modal yang dikeluarkan dalam membudidayakan jenis ikan tuna terbilang tidak terlalu tinggi. Sehingga tidak ada salahnya bila Anda mengeluarkan sedikit modal untuk usaha budidaya ikan tuna.

Terlebih Keuntungan yang Anda dapatkan cukup banyak, mengingat pasar yang sering membutuhkan ikan tuna.

Cukup Mudah Dibudidayakan

Untuk membudidayakan ikan tuna sendiri tidak diperlukan keahlian khusus. Hal ini karena bisa dipelajari oleh siapa saja yang berniat untuk belajar membudidayakan ikan tuna.

Jika Anda benar-benar berniat untuk membudidayakan ikan ini maka akan mendapatkan untung yang juga besar.

Cara Budidaya Ikan Tuna

Keunikan lainnya dari jenis ikan tuna ini yaitu memiliki beragam manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Sehingga banyak orang yang mencari ikan ini di pasaran untuk dibuat olahan makanan khas. Maka tak heran banyak yang membudidayakan ikan tuna ini.

Merawat Anakan

Untuk mengumpulkan benih anak jenis ikan tuna bisa didapatkan dari penangkapan yang ada di alam.

Selanjutnya Anda bisa membesarkan ikan tuna di kolam, dan meningkatkan kandungan lemak ikan. Sehingga akan menghasilkan ikan tuna yang cenderung memiliki rasa lezat

anakan ikan tuna
sehatq.com

Merawat Tuna Dewasa

Setelah proses budidaya jenis ikan tuna dilakukan dengan baik, maka Anda bisa memanen ikan tersebut.

Untuk memanen nya disarankan agar turun langsung ke dalam keramba jaring yang ditancap. Lalu menangkapnya menggunakan jaring kecil atau tangan kosong juga bisa.

Baca Juga: Cara Mengolah Kaldu Ikan Menjadi Pupuk Cair

Perhatikan Media Perawatan Kolam 

Metode dan juga media dalam membudidayakan jenis ikan tuna tentu saja harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya untuk memelihara ikan tuna ini bisa menggunakan keramba jaring apung, yaitu seperti kolam dengan jaring yang telah diterapkan ke dasar dengan beberapa meter dari bibir pantai.

Untuk membudidayakan ikan tuna ini, Anda bisa menggunakan kolam resirkulasi. Yaitu sistem tertutup yang bertujuan agar ikan tuna tidak bisa meloloskan diri, sehingga tidak mencemari lingkungan. Namun kendala yang sering dikeluhkan yaitu karena sistem ini menggunakan listrik,yang biayanya cukup tinggi.

budidaya ikan tuna
faunadanflora.com

Perhatikan Pemberian Pakan

Untuk memberikan makanan pada ikan tuna tentu saja perlu diperhatikan agar budidaya nya berjalan dengan baik. Untuk mendapatkan ikan tuna yang berkualitas maka dibutuhkan paling sedikit 2 ribu bibit ikan di setiap periode.

Ikan tuna merupakan hewan karnivora, sebab itu bisa memakan ikan jenis lainnya yang lebih kecil. Sebab itu pakan yang diberikan untuk ikan tuna bisa berupa ikan teri.


Itulah beberapa keuntungan serta cara budidaya ikan tuna yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Teknik Dan Tips Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula

Penulis : Epin Supini

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.