ikan koi

Tahukah kamu ternyata budidaya ikan koi cukup menguntungkan loh. Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan budidaya dengan hasil yang menguntungkan, tentu ada teknik dan tips yang perlu kamu perhatikan. Nah, PTD akan membagikannya disini.

Banyak orang yang memilih untuk budidaya ikan koi, khususnya bagi orang Jepang yang memang hobi membudidayakannya. Menurut kepercayaan orang Jepang yang memiliki ikan koi akan mendapat keberuntungan.

Bukan hanya itu, dengan membudidayakan ikan koi ini, kita bisa memanfaatkan dan menjualnya secara luas, bahkan diekspor ke negara lain.

Budidaya ikan koi bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan, karena permintaan pasar terhadap ikan tersebut semakin besar.

Bahkan ikan koi lokal semakin mahal harganya dan memiliki daya saing yang kuat. Untuk membudidayakan ikan koi, Anda tidak perlu menjadi seorang ahli, pasalnya seorang pemula juga bisa membudidayakan ikan koi, tentunya ada teknik dan tips budidaya ikan koi.

Teknik dan Tips Budidaya Ikan Koi

Berikut ini merupakan teknik & tips budidaya ikan koi bagi pemula, yaitu:

Baca Juga: Usaha Ikan Nila Merah Yang Menjanjikan

Memilih Indukan

Dalam memilih induk yang berkualitas untuk budidaya ikan koi menjadi satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Adapun ciri dari indukan yang berkualitas diantaranya adalah:

  1. Usia ikan sudah memasuki 2 tahun atau lebih
  2. Pilihlah jenis ikan yang sama atau mendekati, contohnya jenis kohaku dengan kohaku lainnya
  3. Lekukkan tubuh pada ikan harus ideal, seperti torpedo
  4. Kecepatan renang ikan seimbang dan cukup tenang. Sehingga ikan tidak akan berenang terlalu lambat dan terlalu cepat
  5. Warna ikan terlihat terang dengan kontras yang cemerlang
  6. Ikan terlihat sehat dan segar dengan melihat keaktifannya ketika berenang
  7. Induk betina dan induk jantan yang telah matang atau siap untuk dikawinkan
bibit ikan koi
farmbos.com

Pembuatan Kolam Ikan

Pembuatan kolam ikan yang baik dan benar menjadi faktor utama keberhasilan seseorang dalam budidaya ikan. Ada banyak bentuk dari pembuatan kolam, yakni diantaranya  terbuat dari tanah, kolam beton, ataupun kolam terpal, masing-masingnya harus diperhatikan.

Menurut beberapa pembudidaya ikan koi yang mengatakan bahwa kolam terpal kurang cocok untuk dijadikan tempat sebagai budidaya ikan koi.

Idealnya, ukuran pembuatan kolam yakni ukuran 3-6 meter, dengan ketinggian air sekitar 40 cm dan kedalamannya 60 cm. Kolam harus terkena sinar matahari secara langsung peta pameran air untuk menjaga sirkulasi air tetap stabil.

Dalam kolam anda harus menyiapkan kakaban yakni tempat untuk menaruh telur ikan koi.

kolam ikan koi
landscape.com

Baca Juga: Langkah-Langkah Membudidayakan Ikan Salmon

Perhatikan Tahap Pemijahan

Tahapan pemijahan ini yang menentukan keberhasilan dari budidaya ikan koi. Sehingga tahap ini Anda harus benar-benar memaksimalkan pekerjaan dalam mengurus dan memaksimalkannya.

Anda sebaiknya menyediakan pejantan yang sehat, agar meminimalisir kegagalan dalam proses pemijahan. Siapkan indukan ikan dengan jumlah pejantan 3 sampai 5 ekor.

Pertama, induk betina dimasukan terlebih dahulu ke dalam kolam pemijahan sekitar jam 4 sore biarkan induk betina tersebut beradaptasi dalam kolam.

Setelah menunggu selama 3-5 jam, masukkan indukan jantan dan biasanya mereka akan langsung bereproduksi. Biasanya pada saat itu betina akan mengeluarkan telur dan menempel pada kakaban.

Anda segera memisahkan telur tersebut agar selamat. Jangan lupa untuk memperhatikan suhu air ketika dalam proses penetasan larva, yakni sungguh sekitar 20-300c.

Telur tersebut akan menetas selama 48 jam, Anda tidak perlu memberikan makanan langsung. Hal tersebut karena larva yang baru saja menetas memiliki makanan cadangan untuk 3-5 hari kedepan.

Pemberian Makan

Setelah ketersediaan makanan habis, Anda bisa memberikan makanan. Pakan yang baik untuk diberikan kepada ikan, yakni pangan hidup seperti kutu air yang telah disaring.

Selain itu Anda bisa mengganti pangannya dengan cacing sutera. Namun, ketika ikan koi sudah berumur 3 minggu maka cacing sutra tidak lagi diberikan.

Itulah beberapa teknik dan tips budidaya ikan koi untuk pemula. Anda harus tetap perhatikan yaitu perawatan ikan koi dengan menjaga kebersihan kolam dan air.

Budidaya ikan koi dapat dilakukan oleh siapa pun. Hanya saja untuk melakukan sebuah pekerjaan memerlukan keterampilan dan ketekunan agar berhasil.


Mengingat prospek dan harga jual ikan koi yang lumayan, dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi pengusahanya. Jadi, Anda mungkin bisa segera menjalankan teknik dan tips budidaya ikan koi di atas.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Ini Dia 5 Langkah Ternak Ikan Mas Bagi Pemula

Penulis: Epin Supini

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Referensi:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-ikan-koi

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.