Terdapat berbagai jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya melindungi tubuh dari virus. Tentu saja, buah-buah ini sangat baik dikonsumsi di tengah terjadinya pandemi virus corona (COVID-19). Karena terdapat beberapa buah yang berfungsi untuk meningkatkan imun tubuh.

Jika imunitas tubuh kuat, maka ampuh untuk melindungi tubuh dalam mengatasi berbagai penyakit akibat infeksi virus. Untuk meningkatkan imunitas tubuh diperlukan makanan yang sehat, salah satunya adalah buah-buahan.

Sumber: https://www.idntimes.com/health/fitness/amp/emma-kaes/buah-untuk-meningkatkan-kesehatan-tubuh-exp-c1c2

Berikut ini merupakan beberapa buah yang baik dikonsumsi untuk menjaga keseimbangan tubuh, diantaranya adalah

1. Blueberry

buah blueberry memiliki kandungan jenis flavonoid atau anthocyanin, dimana kandungan tersebut memiliki sifat antioksidan yang baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Berdasarkan catatan medical news today pada studi tahun 2016 yang mengatakan bahwa flavonoid memiliki peran penting untuk mempertahankan kekebalan saluran nafas. Dimana orang yang memiliki sedikit asupan flavonoid, lebih beresiko terserang penyakit infeksi saluran pernapasan (ISPA)

2. Jeruk

Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak dan bermanfaat untuk menutrisi serta meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin C sangat bagus untuk memerangi infeksi dalam tubuh. Dimana produksi sel darah putih semakin meningkat jika mengkonsumsi jeruk.

Berdasarkan kutipan healthline mengatakan bahwa hampir setiap jenis jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Misalnya jeruk lemon, jeruk bali, jeruk nipis, serta clementine.

3. Semangka

Buah semangka memiliki kandungan senyawa antioksidan glutathione. Dimana senyawa tersebut mampu melawan infeksi serta menguatkan sistem imunitas tubuh.

Anda bisa mengkonsumsi bagian daging merah semangka yang dekat dengan kulitnya. Karena bagian tersebut merupakan kandungan gluthatione terbaik.

4. Pepaya

Buah pepaya memiliki kandungan vitamin C untuk memenuhi nutrisi tubuh. Dimana dalam satu buah pepaya, Anda bisa mendapatkan vitamin C harian sebanyak 224%. Mengkonsumsi buah pepaya dapat membantu tubuh untuk melawan peradangan.

Buah pepaya juga mempunyai kandungan papain yang baik untuk sistem pencernaan tubuh. Kandungan lain dalam buah pepaya yaitu vitamin B, kalium, serta folat yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Pandemi Membuka Kesempatan Buah Lokal Kuasai Pasar

5. Kiwi

Buah kiwi juga memiliki banyak kandungan yang memenuhi nutrisi penting dalam tubuh seperti vitamin K, vitamin C kalium, serta folat. Kandungan vitamin C pada kiwi mampu melawan infeksi pada tubuh, karena sel darah putih meningkat. Sedangkan kandungan kiwi lainnya yang berfungsi untuk menjaga kesehatan organ tubuh.

6. Delima

Buah delima sudah lama digunakan oleh orang Mesir kuno sebagai obat ampuh mengatasi infeksi. Pasalnya banyak penelitian yang juga menyatakan bahwa ekstrak delima bermanfaat untuk membantu tubuh dalam melawan virus dan bakteri.

7. Elderberry

Elderberry merupakan buah yang biasa dijadikan sebagai obat tradisional. Pasalnya nutrisi pada buah ini sangat sarat dengan kandungan antioksidan. Dikutip dari WebMD yang menyatakan bahwa ada banyak penelitian mempercayai bahwa ekstrak elderberry mampu melindungi tubuh dari virus flu.

Itulah beberapa buah yang baik dikonsumsi untuk melindungi tubuh dari virus. Tetap jaga kesehatan ya, karena kesehatan itu sangat penting.

Baca Juga: Permintaan Minuman Lemon Meningkat Saat Pandemi Covid19

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.