Permintaan Minuman Lemon Meningkat Saat Pandemi Covid-19

Mau tau informasi mengenai peningkatan permintaan minuman lemon? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasinya. Simak ulasannya!

Lemon California

Permintaan Produk Minuman Lemon

minuman lemon
pxhere.com

Baca juga: Melonjaknya Harga Jahe Merah di Pontianak

Dalam sebuah riset yang dilakukan konsultan pemasaran Nielsen Indonesia pada awal Maret 2020, dilaporkan ada perubahan kebiasaan berbelanja masyarakat di tengah pandemi virus corona.

Pada situasi ini banyak hal yang mengalami dampaknya seperti pada sektor perdagangan yang dimana setiap orang mengurangi kegiatan diluar rumah

Yang mengakibatkan penurunan daya beli masyarakat dan perubahan kebiasaan masyarakat dalam berbelanja.  Masyarakat sekarang lebih memprioritaskan belanja produk-produk kesehatan.

Pandemi virus Corona Covid-19 membuat langkah-langkah preventif alias pencehagan penyakit semakin digaungkan.

Salah satunya adalah menjaga daya tahan tubuh tetap prima, dengan tidak lupa mengonsumsi makanan kaya gizi dan nutrisi.

Makanan yang mengandung vitamin C juga dinilai dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kekurangan asupan vitamin C  juga menyebabkan mudah terserang penyakit.

Hal ini menyebabkan banyak orang yang menyerbu makanan atau minuman yang banyak mengandung vitamin C salah satunya adalah minuman lemon dalam kemasan,

Produk olahan ini yang dinilai minuman yang praktis tanpa mengurangi vitamin yang terkandung.

Terjadi peningkatan signifikan 81 persen untuk pembelian vitamin pasca diumumkan kasus COVID-19 pertama di Indonesia, selain itu tanaman herba juga menjadi incarann warga untuk siap diborong.

Perubahan berbelanja masyarakat ini langsung dirasakan oleh Adrian Malli seorang pengusaha minuman lemon dari Bandung, Jawa Barat.

Pesanan minuman lemonnya langsung meningkat permintaanya yang biasanya dalam satu hari hari hanya terjual 10 botol dan sekarang hampir 200 botol setiap hari laku terjual.

Adrian sudah menjalani bisnis minuman lemon ini sekitar satu tahun. Saat ini, dia memiliki 3 hektare lahan di Bandung yang ditanami 1.300 pohon lemon. Setiap bulan, Adrian mampu memproduksi sekitar 20 ton lemon california.

Keuntungan Ditengah Pandemi Covid-19

minuman lemon
lemonamerika.com

Baca juga: Rempah-Rempah Diborong Hingga Harga Melambung

Ide awal memilih bisnis minuman lemon karena bahan baku yang cukup mudah didapatkan dan juga mendapatkan bibit impor lemon california dari balai pertanian.

Lemon california bukan buah musiman yang aertinya dapat di produksi setiap bulannya. Kini ia telah memberdayakan puluhan petani binaan.

Para petani diajarin bertani seperti bercocok tanam dan memupuk secara benar. Para petani binaan menjual buah lemon hingga Rp 12 ribu per kilogram. Sementara untuk harga buah lemon biasanya Rp 4.000-5.000 per kilogram.

Untuk harga minuman lemonnya dibandrol dengan harga Rp 75 ribu per botol dengan kemasan kaca yang dinilai lebih higienis. Selain itu Adrian memasarkan minuman lemon melalui online yaitu @kebunlemonsayur_gloryfarm.

Selain minuman lemon, beberapa produk lain yang dijual seperti Jamu Rp 60 ribu per botol.

Di tengah kelangkaan masker dalam pembelia produk olahan minuman lemon ini makan akan mendapatkan masker sebagai bonus kepada pelanggan yang membeli minuman lemonnya.

Di saat bisnis garmennya lesu akibat seluruh mall menutup gerai, pertolongan datang dari bisnis minuman lemonnya.

Saat ini seluruh pegawai yang dahulu bekerja di bisnis garmen diberdayakan untuk membantu produksi di bisnis minuman lemon.

Adrian sangat bersyukur dengan apa yang terjadi saat ini karena ditengah pandemi corona memberikan rezeki ditengah wabah yang hampir membuat pedagang jatuh dalam usahanya

Dan Ia berkomitmen untuk tidak akan membiarkan pegawainya menganggur.


Itulah informasi mengenai peningkatan permintaan produk minuman lemon california ditengah pandemi. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Cara Kementan Menekan Harga Jahe Saat Wabah Covid-19

Sumber: Kumparan.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.