Kuasai Literasi Untuk Peningkatan Kualitas Pertanian

Mau tau informasi kualitas pertanian dengan literasi ? Berikut Pak Tai Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Literasi Peningkatan Pertanian

Upaya Peningkatan Kualitas Pertanian

Literasi
pxhere.com

Baca juga: Review Buku Mikrobiologi Lingkungan

Perpustakaan jangan dianggap hanya sebagai tempat penyimpanan buku-buku baru dan lama. Perpustakaan  merupakan ladang ilmu pengetahuan dan sumber wawasan yang sangat luas.

Di perpustaakan juga terdapat berbagai ilmu  bidang pertanian seperti jenis teknologi pertanian, varietas tanaman, budi daya bibit unggul bisa dipelajari dan diciptakan dengan membaca dan iterasi menjadi kata kunci.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando mengungkapkan bahwa para petani perlu menguasai  literasi pertanian dalam rangka meningkatkan kualitas hidup mereka.

Karena dunia ini tidak ada ilmu yang jatuh dari langit, melainkan dari membaca buku. Bagi petani yang kurang memahami digitalisasi, perpustakaan akan menjadi salah satu cara untuk mendatkan ilmu.

Dengan membaca buku petani lebih banyak mendapat ilmu mengenai pertanian, selain itu petani akan banyak belajar menegnai digitalisasi melalu perpustakaan.

Kementerian Pertanian juga harus menjadi pembina dan guru yang baik bagi para petani agar mereka bisa bertransformasi dari petani tradisional menjadi modern sehingga para petani agar bisa dengan mudah memahami pengetahuan tentang pertanian.

Tingkatan Literasi

Literasi
antaranews.com

Baca juga: Pentingnya Pembukuan Akuntansi untuk Petani

Ada empat tingkatan literasi yaitu kemampuan untuk mengumpulkan sumber bacaan, kemampuan untuk memahami apa yang tersirat dan tersurat.

kemampuan untuk mengemukakan ide dan gagasan, serta kemampuan untuk menciptakan barang dan jasa yang bermutu.

Oleh karena itu, kesejahteraan akan lebih mudah diraih dengan tingkat literasi yang memadai dan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Bertujuan untuk memberikan efek langsung bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup para petani.

Selain itu, perekonomian Indonesia bergantung pada pertanian maka dari itu paradigma lama harus diubah agar para petani dapat meningkatkan produksi mereka.

Tugas Kementan saat ini adalah mentransformasi konten-konten pertanian agar mudah dimengerti oleh para petani untuk mewujudkan petani berkualitas dan kesejahteraan petani.


Itulah informasi mengenai peningkatan kualitas pertanian dengan literasi. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Kunyit Ponorogo Siap Untuk di Ekspor ke India

Sumber: Republika.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.