kemasan dan lebel

Mau tau manfaat kemasan dan lebel pada produk pertanian? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Kemasan dan Label Produk Pertanian

Mengapa Butuh Kemasan ?

kemasan dan lebel
pixabay.com

Baca juga: 6 Langkah Memasarkan Daging Kemasan Secara Ritel

Kebutuhan pangan yang dibutuhkan setiap hari membuat kegiatan distribusi dan penyimpanan tidak bisa lepas dari kegiatan pasca panen produk pertanian.

Produk pertanian memiliki karakteristik karena akan mengalami respirasi setelah panen, sehingga akan cepat mengalami kerusakan selama penyimpanan.

Penanganan pasca panen yang baik, dapat meminimalkan kerusakan, serta mempertahankan kualitas produk pertanian. Upaya melindungi produk pertanian selama distribusi dan penyimpanan dapat dilakukan dengan pengemasan.

Kemasan akan melindungi produk dari pengaruh lingkungan seperti biotik yang berupa hama, cendawan dan bakteri, maupun abiotik berupa kelembaban dan cahaya, selain itu dapat  meminimalkan kerusakan karena penanganan yang kurang baik.

Setiap produk pertanian juga memiliki karakteristik yang berbeda, baik dari segi fisik maupun nutrisi. Produk biji-bijian umumnya memiliki tekstur yang keras.

Memiliki kandungan pati dan protein yang tinggi dan kadar air yang rendah. Sedangkan produk sayuran dan buah memilki kandungan air yang tinggi, banyak mengandung vitamin dan mineral.

Laju respirasi berkaitan dengan kerusakan produk pertanian.

Baca juga: Olahan Kelor yang Sukses Dikembangkan Oleh Petani Karawang

Tujuan Penggunaan Kemasan

Kemasan merupakan salah satu hal yang penting untuk persaingan dunia usaha seperti saat ini.

Pengemasan merupakan sistem yang terkoordinasi untuk menyiapkan barang menjadi siap untuk ditransportasikan, didistribusikan, disimpan, dijual dan dipakai.

Secara tidak langsung kemasan akan mempengaruhi minat konsumen untuk membeli barang dari ketertarikan bentuk, warna, tulisan dan lebih pastinya adalah kemamanan produk pertanian didalamnya.

Kemasan sekarang sudah lebih banyak modern dengan adanya teknologi kemasan sudah berbagasi jenis seperti alumunium, kaleng, kertas, jertas, komposit atau pun gabungan anatara beberapa kemasan.

Fungsi dan Peran Kemasan

Secara lebih terperinci berikut ini adalah sekilas penjelasan singkat tentang fungsi dan peranan kemasan dalam usaha pengolahan makanan :

  1. Sebagai wadah, perantara produk selama pendistribusian dari produsen ke konsumen.
  2. Sebagai Pelindung, kemasan di harapkan dapat melindungi produk yang ada di dalamnya dari berbagai faktor penyebab kerusakan baik yang disebabkan oleh faktor biologi, kimia maupun fisika.
  3. Memudahkan pengiriman dan pendistribusian, dengan pengemasan yang baik suatu produk akan lebih mudah didistribusikan.
  4. Memudahkan penyimpanan, Suatu produk yang telah dikemas dengan baik akan lebih mudah untuk di simpan.
  5. Memudahkan penghitungan, dengan pengemasan jumlah atau kuantitas produk lebih mudah di hitung.
  6. Sarana informasi dan promosi

Lebel Produk Pertanian

kemasan dan lebel
pustakamadani.com

Label adalah suatu tanda baik berupa tulisan, gambar atau bentuk pernyataan lain yang disertakan pada wadah atau pembungkus sebagai yang memuat informasi tentang produk yang ada di dalamnya sebagai keterangan dari produk yang dikemas.

Label kemasan bisa dirancang dengan teknologi yang sudah modern, merancang desain label yang baik, menarik, dan artistik sehingga dapat meningkatkan daya tarik produk terhadap konsumen.

Suatu produk yang diberi lebel akan meningkatkan harga darisuat7u produk makanan atau pertanian seingga ika produk sudah dikemas akan lebih baik jika diberikan lebel.


Itulah informasi mengenao pengemasan dan lebel pada produk pertanian. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Cara Membuat Sirup Rosella Sebagai Peluang Usaha Baru

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • http://www.agroindustri.id/pengemasan-dan-keunggulan-jenis-kemasan-produk-agro/
  • https://www.tneutron.net/pangan/fungsi-pengemasan-pada-bahan-pangan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.