6 Langkah Memasarkan Daging Kemasan Secara Ritel

Daging merupakan bahan makanan yang hampir dikonsumsi setiap hari pada zaman saat ini. Peluang besar bagi para peternak hewan yang mayoritas adalah penyuplai daging segar. Untuk memasarkan daging segar, tentu harus disertai dengan kualitas dan kebersihan yang sangat bagus, mengingat kesehatan adalah hal utama yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah strategi-strategi dalam memasarkan daging kemasan secara ritel.

Membentuk Tim

Tim adalah organisasi yang sangat penting dalam berjalannya suatu perusahaan guna mendapatkan laba dan image yang baik di mata masyarakat dan konsumen. Tim yang mempunyai jiwa dan pemikiran SDM yang baik merupakan awal dari kemajuan suatu perusahaan.

Dalam memilih tim, alangkah baiknya lebih selektif dan tidak terlalu banyak anggota dalam suatu tim dengan catatan satu orang anggota bisa meng-handle 2 pekerjaan sekaligus. Hal ini bisa meningkatkan efisiensi pengeluaran dan operasional.

Perhatikan Kualitas Produk

Hal ini harus lebih diperhatikan karena ini menentukan seberapa besar produk Anda dipercayai oleh masyarakat. Dengan produk yang higienis dan berkualitas tinggi, tentu tidak menutup kemungkinan produk Anda akan lebih dicari dan diminati oleh masyarakat. Anda harus mempunyai packaging yang simpel, bersih, dan memperlihatkan produk Anda.

Menyediakan Tempat yang Layak

Pada era e-commerce seperti sekarang, tempat bukanlah lagi hal yang menentukan seberapa banyak konsumen yang mengunjungi Anda. Meskipun begitu, Anda harus tetap menyediakan tempat yang layak, bersih, dan nyaman untuk menyakinkan kepada konsumen bahwa produk Anda benar-benar dari produsen yang berpengalaman dalam meningkatkan kualitas produk.

Tentukan Target

Tentukan target Anda, kepada siapakah Anda akan menjual produk Anda. Contohnya pasar ritel, berarti pangsa pasar Anda adalah masyarakat umum.

Daging Kemasan

Tentukan Harga yang Layak

Harga akan menentukan image produk Anda di mata masyarakat. Jangan membuat harga yang tanggung. Sebagai contoh, satu daging ayam utuh dijual seharga Rp.22.000 dengan harapan agen ritel menjual produk Anda dengan harga Rp.25.000.

Dengan harga yang umum, mudah dijangkau masyarakat, dan disertai produk yang berkualitas tinggi, tentu akan membuat produk Anda jauh diminati oleh masyarakat dan menggeser pesaing anda.

Melakukan Promosi

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam memasarkan daging kemasan adalah promosi. Akan tetapi, jangan melakukan promosi secara berlebihan. Dengan promosi yang berlebihan, masyarakat beranggapan bahwa produk Anda kurang diminati konsumen. Hal tersebut akan berpengaruh dalam memberikan sugesti terhadap calon konsumen selanjutnya.

Anda hanya cukup menyediakan minimal 2 orang sales motoris yang siap menawarkan produk Anda kepada agen-agen wilayah tertentu, khususnya masyarakat perkotaan yang menyukai produk berkualitas, higienis, dan harga yang standard.


Itulah 6 tips atau strategi yang bisa dilakukan oleh peternak hewan atau penyuplai daging segar dalam memasarkan daging kemasan secara ritel.

Baca juga: Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan Beserta Cara Mengolah dan Memasarkannya

Penulis: Irjaun Naim


Sudah download aplikasi Pak Tani Digital belum? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.