Majukan Pertanian Lewat Pembangunan Jalan Sawah

Siapa dari antara kamu yang sudah pernah melihat jalan sawah? Sebuah infrastruktur yang mungkin terlihat sederhana dan tidak terlalu menarik bagi beberapa orang. Namun, dalam pemikiran saya, infrastruktur yang satu ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa apalagi bila dibangun di seluruh Indonesia di daerah persawahannya.

Infrastruktur jalan sawah ini terbilang cukup unik karena membentang di tengah persawahan dari barat hingga ke timur, serta membentang lagi di perpotongan dari utara hingga selatan. Meskipun tidak terlalu bagus ataupun tidak terlalu keras, namun masih aman untuk dilalui kendaraan roda dua.

Baca Juga : 7 Cara Mengelola Pengairan Sawah Saat Kekeringan

Besarnya yang dimiliki pun beragam tergantung kebutuhan, namun rata-rata memiliki lebar kurang dari 1 meter. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, infrastruktur ini justru mendatangkan banyak keuntungan. Apa sajakah keuntungan menggunakan infrastruktur yang satu ini?

1. Mengurangi Tenaga Pengangkutan

Jalan keras yang dibangun di areal persawahan akan membantu petani untuk mengurangi tenaga ekstra. Mulai dari berangkat membawa peralatan, bibit, pupuk, hingga panen dan pasca panen. Tanpa perlu repot-repot, modal gerobak, atau sepeda atau sepeda motor, petani bisa dengan mudah mengakses sawah mereka.

Jalan Sawah
Foto : Jalan sawah untuk infrastruktur pertanian lebih baik (Foto oleh https://indonesiaexpat.biz)

2. Akses Jalan Pasar

Keuntungan lainnya adalah kemudahan bagi petani bila ingin menjual hasil panennya secara langsung. Pedagang pasar mungkin akan lebih mudah mendatangi petani untuk mengambil barang dagangan untuk dijual di pasar.

3. Akses Jalan Untuk Modal

Dibangunnya akses jalan memungkinkan semakin besarnya intensitas pertemuan petani dengan pemangku pertanian lainnya. Dengan azas saling membutuhkan antar pemangku kepentingan dengan petani, tidak tertutup kemungkinan pedagang di pasar akan mengeluarkan modal untuk petani.

Baca Juga : Melihat Potensi Kapulaga di Solok Selatan yang Menjanjikan

4. Berpotensi Menjadi Tempat Wisata

Dibangunnya jalan sawah akan memungkinkan penduduk lokal yang berjalan-jalan akan menyambangi sawah. Tidak muluk-muluk, dimulai dari berjalan-jalan biasa, ber-swafoto di tengah sawah sembari menikmati pemandangan.

Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, potensi ini dapat dikembangkan menjadi bisnis dengan potensi-potensi tertentu. Bisa mengubah beberapa areal lahan menjadi kolam ikan, sawah bunga, dan menjadi bisnis lokal. Bagi yang ingin menikmati pemandangan, akan dikenakan biaya karcis masuk. Sangat menguntungkan bukan?

Nah, itu dia beberapa opini keuntungan yang bisa didapatkan dengan membangun infrastruktur jalan sawah. Bagaimana menurut kamu?

Disadur dari Kompasiana
Oleh penulis Muhamad Saudi

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Silahkan klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.