manfaat bawang putih

Siapa yang tidak mengenal bawang putih? Tanaman yang satu ini sangat banyak digunakan para ibu rumah tangga sebagai bumbu utama pada masakan mereka.

Namun tahukah Anda, selain dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, bawang putih ternyata memiliki khasiat lain yang tak kalah hebat terutama jika dikonsumsi langsung saat mentah.

Kandungan Nutrisi Bawang Putih

Bawang putih termasuk kedalam jenis tanaman umbi dan satu keluarga dengan daun bawang serta bawang merah. Biasanya dalam satu buah bawang putih terdapat sekitar 1-10 siung bawang dengan bobot per siung sekitar 6-8 gram.

bawang putih

Berdasarkan hasil penelitian, tiap 100 gram bawang putih memiliki beragam kandungan nutrisi antara lain:

  • 1 gr karbohidrat
  • 0,2 gr protein
  • 0,1 mg mangan
  • 0,9 mg vitamin C
  • 4 kalori
  • 5,4 mg kalsium

Selain itu bawang putih juga memiliki beragam kandungan senyawa sulfur aktif diantaranya dialil disulfida, allyl propyl disulfide, allin, serta allyl propyl disulfide. Zat-zat ini akan langsung bereaksi dengan tubuh jika bawang putih dimakan mentah.

Ragam Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

bawang putih

Karena tingginya kandungan senyawa sulfur serta nutrisi lain yang bermanfaat, maka bawang putih sangat cocok dikonsumsi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan bawang putih diantaranya:

Baca juga: Cara Mengendalikan Penyakit pada Bawang Putih dengan Mudah
1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengonsumsi bawang putih dipercaya mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah serta kolestrol.

Berdasarkan hasil penelitian, manfaat bawang putih akan semakin terasa bila dikonsumsi dalam bentuk ekstrak yang sudah dikeringkan. Dari rangkuman beberapa hasil penelitian, ekstrak bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi plak dan mencegah pembentukan plak baru pada arteri jantung.

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Walaupun tidak terlalu berbahaya, namun memiliki wajah atau tubuh yang berjerawat tentu bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Jika Anda sudah menggunakan berbagai cara untuk mengatasinya namun tidak berhasil, maka bawang putih bisa menjadi pilihannya.

Kandungan allicin yang terdapat di dalam bawang putih memiliki sifat antiseptik, antijamur, serta antibakteri yang bisa digunakan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain mengatasi jerawat, kandungan allicin bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan peradangan pada kulit, pembengkakan, serta melancarkan sirkulasi darah.

Bawang putih juga memiliki kandungan tembaga, seng, selenium, vitamin B6, dan vitamin C yang dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih penyebab jerawat.

3. Mengatasi Batuk dan Pilek

Kandungan allicin yang ada pada bawang putih juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan membunuh berbagai kuman penyakit yang menyebabkan penyakit batuk dan pilek.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki masalah penyakit diatas, konsumsilah bawang putih mentah secara rutin. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa selain bisa mengobati penyakit batuk dan pilek, mengonsumsi bawang putih juga bisa mengurangi resiko tertular penyakit tersebut.

4. Mencegah Resiko Penyakit Alzheimer

Mengonsumsi bawang putih secara rutin juga dipercaya mampu mengurangi resiko penyakit kepikunan atau Alzheimer.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan pada bawang putih yang dapat menangkal serangan radikal bebas serta dapat melindungi sel-sel syaraf sehingga terhindar dari penurunan kognitif.

5. Meningkatkan Stamina Saat Olahraga

Bawang putih juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan performa dan stamina saat berolahraga. Berdasarkan hasil penelitian, orang-orang yang mengalami penyakit jantung bawaan memiliki performa olahraga yang lebih baik setelah mengonsumsi minyak bawang putih secara rutin 2-6 kali seminggu.

6. Mengurangi Resiko Penyakit Paru-Paru

Paru-paru merupakan organ penting dan vital bagi tubuh sehingga perlu dijaga kesehatannya. Mengonsumsi bawang putih secara rutin mampu menurunkan resiko terjangkit penyakit paru-paru hingga 44%.

Walaupun begitu, manfaat ini membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaatnya.

7. Memperkuat Kondisi Tulang

Bawang putih memiliki kandungan vitamin D dan juga kalsium sehigga sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi tulang.

Berdasarkan hasil studi yang dikemukakan pada Journal of Nutrition in Gerontology and Geriatrics, kandungan flavonoid yang terkandung didalam bawang putih juga memiiki potensi besar untuk memperkuat kondisi tulang.

Dari beragam jenis keluarga bawang-bawangan, bawang putihlah yang memiliki potensi tinggi untuk menghambat pengeroposan tulang.

Baca juga: Ingin Budidaya Bawang Putih Hidroponik? Ini Dia Caranya

Itulah tadi beberapa manfaat dari bawang putih. Ternyata selain biasa dijadikan sebagai bumbu masakan, bwang ptuih memiliki beragam manfaat lain yang tak kalah ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat. Selamat mencoba!


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber gambar: pexels.com


Sumber:

hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-bawang-putih-mentah/

lifestyle.kompas.com/read/2019/08/27/075135420/12-manfaat-bawang-putih-untuk-kesehatan-tubuh?page=all

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.