buah melon

Buah melon merupakan buah yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia dan mudah didapat. Selain menyegarkan, buah ini tentunya memiliki khasiat kesehatan dari nutrisi-nutrisi yang dikandungnya. Kandungan nutrisi buah melon antara lain vitamin C, asam folat, kalium, protein, magnesium dan beta karoten.

melon

Lihat juga: (Video) Ciri-Ciri Buah Melon yang Siap Panen

Manfaat Buah Melon

Berikut adalah manfaat buah melon yang perlu Anda ketahui :

1. Mencukupi Cairan Tubuh

Buah melon memang menyegarkan karena sebagian besar kandungannya merupakan air dan elektrolit sehingga dapat membantu Anda mencukupi kebutuhan air.

2. Sebagai Antioksidan

Karena kandungan vitamin C-nya berarti melon memiliki sifat antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu vitamin C juga mendukung produksi kolagen yang baik untuk menjaga keremajaan kulit.

3. Memelihara Kesehatan Mata

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada melon yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua antioksidan ini dikenal dapat memelihara kesehatan mata dan mencegah resiko penglihatan berkurang karena faktor usia.

4. Menurunkan Hipertensi

Manfaat utama buah melon lainnya adalah menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan melon mengandung kalium yang tinggi namun rendah natrium.

5. Baik untuk Kesehatan Tulang

Karena kandungan folat, magnesium, dan vitamin K-nya, melon bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang.

buah melon

Sumber : agrowindo.com

6. Baik untuk Pencernaan

Selain vitamin C, melon juga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan.

7. Menurunkan Berat Badan

Selain tinggi serat yang sangat baik untuk program penurunan berat bada, melon juga rendah sodium menjadikannya poin penting dalam progam diet.

8. Mengurangi Stress

Buah melon mengandung potasium yang berperan dalam menormalkan detak jantung dan meningkatkan suplai oksigen menuju otak sehingga membuat Anda lebih fokus dan rileks. Selain itu melon juga mengandung zat superoksida dismutase yang sangat baik untuk tekanan darah stress serta menstabilkan saraf.

9. Baik untuk Paru-Paru

Konsumsi melon setiap hari dapat memenuhi kebutuhan vitamin A yang sering hilang karena merokok. Melon dapat menjadi andalan dalam meremajakan paru-paru yang terdampak asap rokok.

10. Mengurangi Sakit Gigi

Tidak banyak orang yang mengetahui khasiat buah melon dalam merngurangi sakit gigi. Khasiat ini terdapat pada kulitnya, untuk menggunakan kulitnya ambil 6 gram kulit melon kemudian tambahkan sedikit air dan masak sampai matang kemudian dinginkan dan gunakan air rebusan ini untuk berkumur.

11. Baik untuk Ibu Hamil

Selain manis dan segar, buah melon juga mengandung asam folat yang berperan dalam mencegah gangguan janin selama kehamilan.

12. Mengatasi Insomnia

Jika Anda sering mengalami gangguan tidur berupa insomnia, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan mulai mengonsumsi buah melon karena buah melon mengandung senyawa uniquecompound yang berfungsi utama untuk menstabilkan kecemasan yang dialami pasien. Senyawa ini tentunya sangat berperan dalam mengatasi gangguan susah tidur.

BACA JUGA: 5 Langkah Budidaya Melon Sampai Panen

Untuk mendapatkan manfaat buah melon, Anda dapat mengonsumsinya langsung dalam bentuk buah segar atau dapat mengolahnya menjadi jus atau dicampurkan dengan buah atau sayuran lain sebagai salad dan smoothies.  Namun tentunya jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter gizi sebelum mengonsumsinya. Semoga artikel ini bermanfaat.


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Gambar utama: Pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.