labu siam

Labu siam merupakan buah yang berasal dari tanaman merambat jenis labu-labuan (Cucurbitaceae). Tanaman labu siam sendiri banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia, sebagai bahan sayuran. Ada banyak manfaat labu siam yang baik untuk kesehatan tubuh.

labu siam

Sumber: https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/manfaat-labu-siam/

Selain memiliki rasa yang sedap, labu siam juga memiliki banyak kandungan nutrisi serta gizi penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa kandungan pada labu siam diantaranya ada asam pantothenic, kolesterol, protein, karbohidrat, energi, fosfor, lemak, vitamin e, vitamin k, kalsium, sodium, dan lainnya.

BACA JUGA: Pembuatan Stik Labu Kuning Sebagai Peluang Usaha

Manfaat Labu Siam

Labu siam mempunyai tekstur daging buah berwarna putih serta memiliki kandungan air yang cukup banyak. Adapun beberapa manfaat labu siam bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah

1. Menurunkan Darah Tinggi

Jika Anda memiliki keluhan darah tinggi, Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi labu siam. Menurut Purdue University bahwa daun labu siam yang diolah menjadi teh herbal dapat menurunkan darah tinggi, mengobati aterosklerosis serta batu ginjal larut. Adapun teh yang memiliki kandungan labu siam mempunyai diuretik ringan serta dapat mengatasi penyakit lambung.

2. Tubuh Mendapatkan Banyak Energi

Buah labu siam mempunyai kandungan mangan sekitar 9%, hal tersebut tentu sangat baik untuk mencukupi kebutuhan energi pada tubuh. Jangan lupa mengkonsumsi labu siam dengan mengolahnya menjadi omelet atau rebusan labu siam.

3. Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi labu siam sangat baik untuk menjalankan program diet agar berhasil. Pasalnya, kandungan kalori pada labu siam sangat rendah yakni hanya sekitar 16 kalori di setiap 100 gram nya. Labu siam juga tidak memiliki lemak jenuh serta kolesterol sedikit pun, sehingga sangat baik untuk program diet.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ penting dalam tubuh yang harus dijaga. Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda bisa mengkonsumsi labu siam. Karena, labu siam mampu menstabilkan asam amino pada darah serta mengurangi resiko penyakit jantung.

labu siam

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Labu_siam

Labu siam sendiri memiliki kandungan folat sekitar 23% serta vitamin b cukup banyak. Kandungan tersebut mampu mengontrol asam amino yang menyebabkan sakit jantung koroner serta stroke.

5. Membantu mencegah jerawat

Penelitian mengatakan bahwa seseorang yang mempunyai jerawat pada kulit wajahnya berarti ia memiliki jumlah seng yang dalam tubuh, dibandingkan dengan orang yang berkulit normal. Dengan begitu, Anda bisa mengkonsumsi labu siam untuk mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah. Karena labu siam memiliki kandungan seng atau zinc yang tinggi, yakni sekitar 5 persen.

6. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Ada pula manfaat labu siam untuk bayi, dimana ketika ibu hamil mengkonsumsi sayur labu siam akan mencegah terlahirnya bayi keadaan cacat. Labu siam sendiri mempunyai kandungan B complex yakni folat sekitar 23% dari kebutuhan folat yang disarankan. Karena, kandungan folat bermanfaat bagi ibu hamil dalam proses pembelahan sel dimana pertumbuhan janin cukup baik.

7. Mencegah anemia

Anemia merupakan penyakit dimana seseorang kekurangan darah merah (hemoglobin). Untuk mencegah penyakit anemia Anda bisa mengkonsumsi labu siam. Karena labu siam mempunyai kandungan vitamin B2 serta zat besi yang mampu memproduksi sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Tiroid

Tiroid merupakan kelenjar penghasil hormon untuk mengatur metabolisme, denyut jantung, serta suhu tubuh. Untuk menjaga kesehatan tiroid Anda bisa mengkonsumsi labu siam. Karena labu siam mempunyai kandungan tembaga hingga 6% untuk mencegah penyakit seperti alergi, depresi, migrain.

BACA JUGA: Fakta Unik & Cara Budidaya Labu Kuning

Itulah beberapa manfaat labu siam bagi kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui. Masukkan makanan labu siam ke dalam menu Anda, agar tubuh sehat.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru lainnya? Langsung saja klik diĀ sini.

Gambar utama: Pixabay.com


Referensi:

“https://intisari.grid.id/read/03106594/10-manfaat-jepan-alias-labu-siam-yang-jarang-diketahui-salah-satunya-bisa-tingkatkan-fungsi-otak-lo?page=all

http://mitalom.com/manfaat-labu-siam-untuk-diet-mengatasi-hipertensi-dan-serangan-jantung/”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.