Pada tahap pembudidayaan tanaman, proses pemupukan merupakan salah satu proses penting yang harus dilakukan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman. Oleh karena itu, untuk mendukung pertumbuhan tanaman, Anda harus menggunakan pupuk berkualitas. salah satu jenis pupuk yang banyak digunakan untuk mendukung pertumbuhan tanaman adalah pupuk SP36.

Apa itu Pupuk SP36?

Pupuk SP36 termasuk kedalam jenis pupuk fosfat yang menghadirkan kandungan P2O5 yang sangat tinggi sekitar 36%. Oleh karena itu tak heran jika pupuk yang satu ini sangat cocok digunakan untuk pertumbuhan tanaman padi.

Penggunaan pupuk SP36 juga memberikan banyak manfaat bagi tanaman padi. Selain bisa dibeli secara komersial, pupuk jenis ini juga bisa dibuat sendiri sehingga biaya pupuk bisa lebih ditekan dan tentunya hemat biaya.

Selain bisa digunakan untuk tanaman padi, pupuk SP36 juga sangat cocok digunakan pada berbagai jenis tanaman lain seperti gandum, sagu, ketan, dan juga jagung.

Tekstur dan Kandungan Pupuk SP36


Pupuk SP36 memiliki tekstur seperti butiran kecil berwarna kehitaman. Pupuk ini sendiri tidak bersifat higroskopi sehingga tidak mudah menyerap air dan bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Selain mengandung unsur fosfor yang cukup tinggi, pupuk SP36 juga menghadirkan beragam kandungan lain yang tak kalah bermanfaat antara lain P2O5 yang bisa larut dalam air sekitar 30%, larutan asam sitrat sekitar 34%, kadar asam H3PO4 sekitar 6%, dan kadar air sekitar 5%.

Manfaat Pemberian Pupuk SP36 Bagi Tanaman Padi.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa memberikan pupuk SP36 ke tanaman padi dapat memberikan banyak sekali manfaat. Lalu apa saja manfaat yang diberikan oleh pupuk yang satu ini. Agar tidak penasaran, ini dia informasinya.

• Pupuk SP36 dapat digunakan sebagai sumber fosfor yang dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi.

• Memicu pertumbuhan akar tanaman padi sehingga perakaran tanaman lebih kuat dan tanaman dapat tumbuh dan berkembang lebih baik lagi.

• Memicu proses pertumbuhan dan perkembangan biji pada tanaman padi sehingga tanaman dapat menghasilkan biji yang banyak.

• Mencegah serangan hama dan dapat meningkatkan daya tahan tanaman.

• Mempersingkat pematangan dan juga pemasakan biji padi.

Baca Juga: Ketersediaan Stok Pupuk Nonsubsidi Untuk Petani 

Dosis dan Takaran Pemberian Pupuk SP36 Bagi Tanaman Padi

Walaupun pemberian pupuk SP36 memberikan banyak sekali manfaat, namun penggunaannya tetap harus mengikuti dosis dan takaran yang telah dianjurkan. Kelebihan pemberian pupuk, justru membuat tanaman overdosis dan akhirnya mati.

Untuk tahap pertama, Anda bisa melakukan penyebaran pupuk SP36 secara merata sehari sebelum proses penanaman padi. Untuk tahap selanjutnya, pemberian pupuk ini dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

Pemberian pupuk SP36 ini bisa dilihat dari kapasitas luas sawah tanaman padi. Untuk satu lahan sawah padi, Anda bisa menggunakan setengah sak pupuk. Pemberian pupuk SP36 sendiri cukup dilakukan seminggu sekali saja dan bisa langsung ditaburkan pada daerah perakaran tanaman padi.

Itulah tadi beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan pemberian pupuk SP36 bagi tanaman padi. Dengan melakukan pemberian pupuk sesuai dengan dosis dan frekuensi waktu yang tepat, maka tanaman padi tentu dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai harapan. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!

 

Baca Juga: Mengenal Fungsi Pupuk ZA Bagi Tanaman Budidaya

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


References:

https://www.kebun.co-id/pupuk-sp-36/

http://ilmubudidaya.com/manfaat-pupuk-sp36-untuk-tanaman-padi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.