sekam bakar

Sekam padi merupakan limbah yang didapat dari hasil bekas gilingan beras dan proses pembakaran menggunakan teknik bakar yang tidak sempurna. Terdapat manfaat sekam bakar yang baik untuk bidang pertanian, yaitu dijadikan media tanam. Hal ini dapat mengurangi limbah padi tanpa menyia-nyiakannya.

sekam bakar

Sumber: https://www.pertanianku.com/manfaat-sekam-bakar-sebagai-media-tanam/

Pembakaran limbah padi ditujukan guna meningkatkan kandungan unsur hara dan karbon pada sekam padi. Hal itu membutuhkan teknik pembakaran yang tidak sempurna, agar kandungan hara pada sekam padi tidak hilang.

Manfaat Sekam Bakar

Ada beberapa manfaat sekam bakar yang biasa dijadikan sebagai media tanam, diantaranya sebagai berikut.

1. Menjaga Struktur Tanah Agar Tetap Gembur

Penggunaan sekam bakar sebagai campuran media penanaman sangat baik untuk menjaga struktur tanah agar tetap gembur. Karena sekam bakar mempunyai porositas yang tinggi serta ringan.

2. Menjaga Unsur Hara

Setiap arang mempunyai banyak pori-pori yang bentuknya besar namun tetap ringan, begitu pula dengan arang sekam. Penggunaan pori-pori tersebut baik untuk mengikat serta menyerap unsur hara. Ketika unsur hara dapat diserap dengan baik, maka ketika disiram tidak larut.

Pori-pori juga tempat perkembangbiakan mikroba atau mikroorganisme yang baik untuk tanaman. Dimana mikroba tersebut dijadikan sebagai pengurai pembuatan nutrisi serta unsur hara dari bahan organik.

3. pH Tanah Meningkat

pH tanah atau tingkat keasaman diukur menggunakan skala pH sekitar 0 sampai 14. Benda dapat dikatakan asam ketika nilai pH kurang dari 7, serta dapat dikatakan basa ketika nilai pH lebih dari 7. Sedangkan tanah yang baik untuk dijadikan media tanam tumbuh berkembang, yaitu bersifat netral.

Arang sekam atau sekam bakar memiliki nilai pH yang cukup tinggi, yakni sekitar 8,5 hingga 9.0. Sehingga cocok sekali digunakan di tanah yang bersifat asam untuk meningkatkan pH tanah.

BACA JUGA: 2 Langkah Mudah Membuat Arang Sekam Padi
4. Mengisolasi Penyakit serta Menyerap Racun

Pada dasarnya, tanah memiliki beberapa racun serta penyakit di dalamnya, yang bisa merusak tanaman. Namun sebelum merugikan tanaman,  ada baiknya diberikan arang sekam untuk mengisolasi penyakit serta menyerap racun. Dengan begitu, sekam bakar berguna sebagai absorban dalam menekan beberapa mikroba patogen.

5. Mengatasi Tanah Rusak Karena Bahan Kimia

Sekam bakar mampu mengatasi tanah yang rusak karena terkontaminasi dengan bahan kimia. Caranya dengan memasukkan atau mencampurkan sekam bakar ke tanah yang rusak akibat bahan kimia.

6. Sirkulasi Udara Media Tanam Terjaga

Tumbuhan memiliki kesamaan dengan makhluk hidup lainnya seperti manusia, di mana tumbuhan membutuhkan oksigen atau O2 serta mengeluarkan CO2. Akar merupakan salah satu bagian tanaman yang penting, sebagai tempat pertukaran oksigen dengan karbondioksida.

sekam bakar

Sumber: https://manfaat.co.id/manfaat-arang-sekam/amp

Agar pertukaran udara dapat terjadi dengan baik, Anda bisa menambahkan sekam bakar di media tanam untuk menggemburkan tanah. Dengan begitu, sirkulasi udara menjadi lebih lancar.

Berdasarkan penelitian, menyatakan bahwa sekam bakar dapat bertahan dalam jangka yang lama. Dengan begitu, tanah akan terjaga kegemburannya dan tanaman tumbuh optimal.

BACA JUGA: 4 Produk yang Bisa Dihasilkan Melalui Pemanfaatan Sekam Padi

Itulah beberapa manfaat sekam bakar yang dapat dijadikan media tanam. Agar nutrisi lebih banyak, Anda bisa mencampur sekam bakar dengan pupuk buatan yang disesuaikan. Semoga bermanfaat


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi:

kampustani.com/manfaat-arang-sekam-sebagai-media-tanam/

pertanianku.com/manfaat-sekam-bakar-sebagai-media-tanam/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.